Loading...
You are here:  Home  >  Info Jateng  >  Artikel ini

Ngehits di Hari Pramuka, Ada Kampung Pramuka di Purworejo, KEREN!



   /  @ 15:00:56  /  14 Agustus 2017

    Print       Email

Kegiatan upacara di Hari Pramuka diadakan di kantor Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo (Twitter)

MuriaNewsCom, Purworejo – Hari Pramuka jatuh pada 14 Agustus. Di momen ini, ada kampung yang unik yakni Kampung Pramuka, RW 17 Plaosan, Kelurahan/Kabupaten Purworejo. Kampung ini diresmikan oleh Bupati Purworejo Mahsun Zain, 2014 lalu.

Istiharto, Ketua Gugus Dharma di Kampung Plaosan yang juga sekaligus inisiator terbentuknya Kampung Pramuka  mengatakan penetapan Kampung Pramuka sebagai upaya untuk menerapkan nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Juga membentuk karakter anggota agar berjiwa pramuka. Di antaranya agar memiliki jiwa sosial yang tinggi, memiliki ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki tata krama baik, dan masih banyak yang akan diterapkan di Kampung Pramuka.

Senin (14/8/2017) pagi, warga ikut memeriahkan Hari Pramuka dengan mengikuti upacara peringatan HUT ke-56 Pramuka di halaman kantor Kecamatan Purworejo.

Di Kampung Pramuka rumah-rumah ditempeli stiker kampung Pramuka, bahkan rumahnya juga sudah banyak yang bercat dengan warna coklat Pramuka, dan ada tunas-tunas kelapa. “Gugus Darma WR Supratman ini merupakan bentukan Gugus Darma Kwarcab, yang  telah memiliki kampung Pramuka. Maka untuk Kampung Pramuka diharapkan tidak hanya di Plaosan tetapi nantinya Gugus Darma Kwarcab, akan menetapkan kampung-kampung Pramuka di wilayah yang lain,” tuturnya.

Kampung Pramuka ini sangat bagus karena warganya memiliki jiwa kepramukaan dan ikut berperan untuk kemajuan bangsa dengan membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan bertata krama yang baik. Bahkan penetapan Kampung Pramuka ini, baru satu-satunya di Indonesia.

Menurutnya, Pramuka tidak hanya dilihat dari bajunya tetapi lebih ke jiwa kepramukaan yang harus dimiliki setiap warga masyarakat.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Petaka Mempermasalahkan Beda Kasta Tampak di Pementasan Teater Keset Kudus

Selengkapnya →