Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Air Sumur Ikut Tercemar, Pemkab Jepara Didesak Segera Atasi Sungai Karangrandu



Reporter:    /  @ 15:02:46  /  12 Agustus 2017

    Print       Email

Warga melakukan musyawarah di tepian Sungai Gede Karangrandu. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Masyarakat Karangrandu mendesak Pemkab Jepara segera bertindak terkait dugaan pencemaran yang mengakibatkan air di Sungai Gede Karangrandu menghitam. Desakan itu diwujudkan segenap warga dengan menggelar “Aksi Jagongan” di tanggul sungai tersebut, Jumat (11/8/2017) sore.

Bukan saja warga yang hadir, petugas Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP Kecamatan Pecangaan, dan perangkat Desa Karangrandu nampak terlihat. 

Syahlan Petinggi (Kepala Desa) Karangrandu mengatakan, upaya tersebut merupakan ikhtiar guna mendorong pemkab dan pihak terkait segera bertindak mengatasi menghitamnya Sungai Gede. 

“Keadaan ini (menghitamnya sugai) tidak wajar, beberapa sumur warga kami sudah mulai terkena imbas rembesan sungai. Mereka tak bisa mengonsumsi air sumur tersebut, kalau untuk memasak warga terpaksa meminta air dari sumur tetangga yang belum tercemar,” katanya. 

Baca Juga : DLH Jepara Siap Turun Tangan Teliti Menghitamnya Air di Desa Karangrandu

Selain menuntut respon dari pemerintah kabupaten, ia juga berencana untuk berkomunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Jratun Seluna mengenai fenomena yang dialami warga. Syahlan mengaku keadaan seperti ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Air ini ya dipakai untuk pertanian, untuk hewan juga. Sehingga keadaan ini tak boleh dibiarkan terlalu lama. Jika tidak takutnya akan terjadi lahan sawah tidak bisa ditanami misalnya,” ujarnya. 

Terakhir, ia mengatakan penyebab dari menghitamnya sungai Gede Karangrandu harus segera diusut. “Ada akibat pasti ada sebabnya, kami meminta segera ditemukan apa permasalahannya supaya normal kembali air sungai ini,” tutur dia. 

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Dukungan Pusat dan Pemprov untuk Tuntaskan Perbaikan Gedung SD Rusak

Selengkapnya →