Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Mayor Ganteng Asal Jepara Ini Hobi Memasak 



Reporter:    /  @ 16:30:31  /  10 Agustus 2017

    Print       Email

Mayor Laut (T) Dian Sasongko. (dok pribadi)

MuriaNewsCom, Jepara – Menjadi perwira Angkatan Laut bukan hanya dituntut pandai navigasi atau berperang. Namun mereka juga dituntut untuk pandai membaur.

Seperti yang dialami oleh Mayor Laut (T) Dian Sasongko (44). Pria asal Desa Geneng, Kecamatan Batealit, Jeparam itu mengaku hobi memasak sejak bergabung dengan TNI AL. 

“Fungsi TNI AL satu di antaranya adalah diplomasi. Kita ditugaskan untuk mengenalkan adat dan budaya serta kekuatan militer kita ke dunia luar. Dari situ saya mengenal berbagai budaya dan masakan dari negera lain. Dari sebuah acara coctail party saya malah ketagihan belajar masak. Sampai pada suatu hari martabak buatan saya dibawa komandan perang Australia,” kata dia dengan senyum tersungging, Kamis (10/8/2017). 

Alumni SMA Negeri Pecangaan tahun 1992 ini menjelaskan, ada tiga fungsi dari TNI AL yakni militeristik, polisionil dan diplomasi.

Selama 18 tahun berkarier di dunia kemaritiman, Dian mengaku telah sering berkeliling di perairan Indonesia maupun luar negeri. Ia juga sering mengikuti latihan gabungan antarmiliter Indonesia dan luar negeri.

Satu di antaranya adalah latihan bersama antara Indonesia dan Singapura atau IMDEX 2017.

Mayor Dian Sasongko saat menunjukkan keahliannya dalam memasak. (dok pribadi)

Awal pekan ini, ia berkesempatan berlatih dengan militer Thailand di Pulau Gundul Karimunjawa. TNI AL mengirimkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro 365 dan KRI Sultan Hassanudin 366. Sementara itu Thailand mengirimkan Her Thailand Majesti Ship (HTMS) Khirarat 432 dan HTMS Sukhotai 442.

Setelah berlatih, keempat kapal itu kemudian bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang untuk selanjutnya bertolak ke Surabaya.

“Rasanya senang bisa melakukan latihan di dekat tempat kelahiran saya, kini saya sedang merapat di Semarang dan bisa menengok orang tua di Jepara,” urai dia.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pemkab Kudus Anggap Kenaikan Harga Jelang Akhir Tahun Wajar

Selengkapnya →