Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Dinas Pertanian Grobogan Kembangkan Budidaya Nanas Merah



Reporter:    /  @ 07:16:02  /  10 Agustus 2017

    Print       Email

Kasi Buah Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Grobogan Slamet Waluyo menunjukkan nanas merah yang sudah berbuah. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Beberapa tanaman nanas merah yang ada di kebun milik Dinas Pertanian Grobogan berhasil tumbuh dengan baik. Bahkan, salah satunya sudah mengeluarkan buah.

Sesuai jenisnya, buah nanas terlihat berwarna merah. Beda dengan nanas biasa yang buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan.

“Beberapa waktu lalu, kita melakukan uji coba penanaman nanas merah. Ternyata bisa tumbuh baik dan ada yang sudah berbuah. Kedepan, komoditas nanas merah ini layak dikembangkan,” kata Kasi Buah Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Grobogan Slamet Waluyo.

Menurut Slamet, bibit nanas meras didapat dari petani di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan. Petani yang tinggal di pinggir kawasan hutan itu menanam nanas buah di pekarangan.

Bibit nanas merah itu kemudian ditanam di kebun yang berada di komplek kantor Dinas Pertanian. Nanas merah yang ditanam ada dua macam. Yakni, berdaun halus dan daunnya berduri tajam.

Bibit nanas ada yang ditanam langsung dilahan. Beberapa bibit lagi ditanam dalam pot besar.

”Dari uji coba yang kita lakukan, nanas yang ditanam dalam pot lebih baik pertumbuhannya. Nanas yang keluar buahnya ini hasil tanam dalam pot. Nanas yang ditanam langsung ditanah pertumbuhannya kurang maksimal,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Soal Rekrutmen Perangkat Desa di Pati, Nimerodi Gulo : Siapa Bayar Besar Dapat Bocoran Soal

Selengkapnya →