Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ki Warseno Slank Coba Tangkal Hoax di Grobogan dengan Wayang



Reporter:    /  @ 09:43:45  /  4 Agustus 2017

    Print       Email

Staf Ahli Menkominfo Henri Subiakto menyerahkan wayang Gatotkaca pada dalang Ki Warseno Slank. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pagelaran wayang kulit semalam suntuk digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di halaman Kantor Kecamatan Godong, Grobogan, Kamis (3/7/2017) malam. Pagelaran ini dilakukan pihak Kemenkominfo sebagai salah satu sarana untuk menangkal merebaknya berita bohong alias hoax, serta membangkitkan lagi rasa nasionalisme masyarakat.

“Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisional yang bisa digunakan sebagai sarana untuk menyosialisasikan program dan kebijakan pemerintah pada masyarakat luas. Kali ini, kita mengambil tema ‘Merajut Persatuan Melalui Budaya’,” kata Staf Ahli Menkominfo Henri Subiakto, saat menyampaikan sambutan sebelum pagelaran wayang dimulai.

Pagelaran wayang juga dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni dan anggota Komisi I DPR RI Djoko Udjianto. Tampak pula, Kepala Dinas Infokom Grobogan Wiku Handoyo dan sejumlah pejabat pemkab lainnya. Hadir pula, jajaran muspika dan para kades se-Kecamatan Godong.

Pagelaran wayang kulit tersebut menghadirkan dalang kondang Ki Warseno Hardjodarsono atau yang lebih dikenal dengan julukan Warseno Slank. Ki Warseno ini merupakan adik dari dalang kondang lainnya, Ki Anom Suroto.

Dari pantauan di lokasi, pagelaran wayang kulit itu dibanjiri ribuan penonton. Hadirnya bintang tamu pelawak Marwoto dan Gareng membuat penonton makin terhibur. Saat tampil, kedua pelawak juga menyelipkan kampanye anti hoax di sela-sela banyolan yang dibawakan.

“Saya mengapresiasi pagelaran wayang kulit malam ini. Selain melestarikan budaya bangsa, melalui pagelaran wayang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan dan edukasi pada masyarakat,” kata Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Presiden Jokowi Bakal Hadiri MQK ke-VI di Ponpes Balekambang Jepara

Selengkapnya →