MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

TPA Gemulung Jepara Sudah Penuh

343
Warga melakukan aktivitas pemilahan sampah di TPA Gemulung, Kabupaten Jepara, Senin. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) di Desa Gemulung, Kabupaten Jepara, semakin padat. Selain dari perkampungan dan pasar meningkatnya gunungan sampah juga disumbang dari aktivitas pabrik dan rumah indekos di sekitar wilayah tersebut. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara Fatkhurrahman membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, kegiatan manufaktur di wilayah Gemulung dan Banyuputih memang berkontribusi pada jumlah sampah yang masuk di TPA tersebut. 

Ia mewacanakan untuk memindahkan lokasi TPA mengingat kondisinya yang hampir tak kuat menampung. “Kita wacanakan untuk tempat tersebut harus dipindah. Hal itu mengingat sisi kanan dan kirinya sudah tak mungkin lagi diperluas,” katanya, Selasa (1/8/2017). 

Saat ini sudah ada dua desa yang dijadikan calon lokasi TPA baru. Namun demikian hal itu masih menanti kajian lebih lanjut. Adapun, TPA Gemulung menampung sampah dari wilayah selatan Jepara seperti Mayong, Kalinyamatan, Welahan, Pecangaan dan sedikit wilayah Nalumsari. Sementara volume sampah tiap hari mencapai tiga ton. 

Menunggu rencana tersebut matang, pihaknya tengah berusaha untuk memaksimalkan luasan wilayah yang ada. Hal itu juga diamini oleh Kabid Kebersihan dan Pertamanan Isnan Haryono.  “Saat ini hanya ditata agar masih bisa menampung dengan menatanya keatas,” kata Isnan.

Editor : Akrom Hazami

 

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.