Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Siswa SD Disuntik Imunisasi Kayak Digigit Semut di Jepara



Reporter:    /  @ 17:00:23  /  1 Agustus 2017

    Print       Email

Ekspresi seorang siswa ketika disuntik pada pencanangan imunisasi MR di SDN 1 Jambu Timur Kecamatan Mlonggo, Selasa (1/8/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Pencanangan Imunisasi MR (Measles-Rubella, Campak Rubella) di Jepara dilaksanakan di SDN 1 Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo, Selasa (1/8/2017). Ratusan murid dari kelas satu hingga enam ikut serta dalam kegiatan itu. 

Seorang siswa Ahmad Khoirulyani (11) mengaku sempat takut saat petugas medis hendak menyuntik lengan kirinya. Ia bahkan tak berani melihat jarum suntik.  “Saya kira tadi sakit banget, tidak tahunya seperti digigit semut. Namun saat ini lengan saya agak kemeng (nyeri) tapi tidak sakit kok,” tuturnya. 

Siswa kelas lima itu mengatakan, tujuan imunisasi itu adalah untuk mencegah penyakit campak dan rubella. Namun ia mengaku tak tahu jenis penyakit apa itu. “Enggak tahu aku, tapi pas disuntik itu untuk menghindari penyakit itu,” akunya polos. 

Siswa lain Irgi (8) mengatakan hal serupa. Meskipun tidak tahu tujuan kegiatan tersebut, namun ia mengaku lega sudah disuntik. “Saya sudah disuntik tadi. Rasanya seperti digigit semut. Tapi kalau disuntik lagi ya tidak mau,” ujarnya sambil terkekeh. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jepara Dwi Susilowati menyebut program tersebut menyasar 292.886 orang usia 9-15 tahun. Imunisasi tersebut dilaksanakan selama dua bulan, Agustus-September 2017.  “Pada bulan Agustus ini difokuskan bagi anak-anak yang bersekolah. Sementara pada bulan September dilaksanakan untuk anak rentang usia tersebut yang belum bersekolah,” tutur dia. 

Adapun, untuk Kecamatan Mlonggo ada 1.053 anak yang menjadi sasaran imunisasi MR. “Untuk melaksanakan bulan imunisasi tersebut, setiap puskesmas (21 unit) menyediakan 4-5 petugas medis,” tutup Dwi. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

3 Bakal Calon Bupati Kudus Siap Maju Lewat Jalur Independen

Selengkapnya →