Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Imunisasi Campak-Rubella di Jepara Ditarget Sasar Ratusan Ribu Anak 



Reporter:    /  @ 22:02:31  /  31 Juli 2017

    Print       Email

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Jepara – Imunisasi measles-rubella (MR-campak dan rubella) akan dimulai besok, Selasa 91/8/2017). Di Jepara ditargetkan 293.376 anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun ikut serta dalam program nasional ini. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jepara Dwi Susilowati. Di Bumi Kartini, secara simbolis kegiatan itu akan dipusatkan di SDN 01 Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo. 

“Pelaksanaan imunisasi dilaksanakan dua kali. Pertama pada bulan Agustus dan berlanjut pada bulan September. Pada tahap pertama difokuskan pada anak usia sekolah, baik PAUD,SD/MI, SMP atau yang sederajat itu. Sementara untuk bulan September difokuskan untuk anak yang belum bersekolah, contohnya balita atau anak yang tidak lagi bersekolah akan tetapi umurnya di antara itu,” katanya, Senin (31/7/2017).

 

Ia yakin bisa mencapai sasaran yang telah dicanangkan 100 persen. Pada bulan pertama harapannya semua murid sekolah yang dikunjungi tim imunisasi dapat mengikuti program tersebut. Sementara pada September, bagi yang belum mengikuti imunisasi bisa mengunjungi fasilitas kesehatan seperti posyandu ataupun puskesmas.

“Layanan imunisasi MR itu gratis, kalau di luar (dokter) kisaran harganya sekitar Rp 400 ribu. Namun dengan mengikuti program pemerintah, peserta tidak dipungut biaya apapun,” tambahnya. 

Ditanya mengenai efek samping dari imunisasi MR, Dwi mengatakan tak akan berdampak buruk pada kesehatan. “Efeknya ringan sekali, mungkin hanya hanya bengkak sedikit pada bagian yang disuntik namun hari berikutnya pun sudah hilang,” tuturnya. 

Guna menyukseskan bulan imunisasi MR, pihak Dinkes Jepara telah menggandeng dinas terkait seperti Disdikpora, Kemenag dan MUI untuk turut serta melakukan sosialisasi.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Lengkapi Berkas, Nasib 2 Parpol Sebagai Peserta Pemilu Tunggu Keputuasan KPU Pusat

Selengkapnya →