Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Jika Tubuh Tak Kebal Virus Campak-Rubella, Ini Bahayanya Kata Dinkes Jepara



Reporter:    /  @ 19:47:49  /  31 Juli 2017

    Print       Email

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Jepara – Bulan Agustus dan September dicanangakan sebagai bulan imunisasi Measles-Rubella (MR-Campak Rubella). Lalu apa bahayanya jika tubuh kita tak kebal dua virus itu?

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, keduanya adalah penyakit infeksi yang menular melalui saluran napas dan disebabkan oleh virus. Jika seseorang terkena campak ia akan mudah terserang penyakit dan menyebabkan komplikasi seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), diare, kebutaan bahkan kematian. 

Sementara itu, jika seorang anak terkena virus rubella biasanya hanya menderita penyakit ringan. Namun jika menulari ibu hamil pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang nantinya dilahirkan. 

Kecacatan akibat virus rubella pada ibu hamil disebut sebagai sindroma rubella kongenital. Hal itu menyebabkan kelainan pada jantung, mata, tuli dan perlambatan tumbuh kembang. Untuk penyakit yang disebabkan oleh campak dan rubella tidak dapat diobati, akan tetapi bisa dicegah dengan cara melakukan imunisasi. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jepara . Imunisasi MR sangatlah penting untuk menjaga diri dan orang lain yang ada di sekitar. 

“sebagai contohnya, jika ada orang yang menolak imunisasi rubella berumur 15 tahun. Lalu beberapa tahun kemudian dia menikah dan mempunyai anak, bisa saja ia tertular virus tersebut dan menularkannya. Akibatnya anak dari perkawinan tersebut mengalami kecacatan,” terangnya, Senin (31/7/2017).

Oleh karenanya, ia mengimbau seluruh warga Jepara yang berumur 9 bulan hingga 15 tahun dan belum mengikuti imunisasi MR, memanfaatkan bulan imunisasi MR. Dwi mengatakan kegiatan itu tidak dikenai biaya alias gratis. 

 

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →