Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Fasbuk Gaungkan Semangat Penyair Chairil Anwar



   /  @ 16:10:41  /  30 Juli 2017

    Print       Email

MuriaNewsCom,  Kudus – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (Fasbuk) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation bekerjasama dengan HMP SI Universitas Muria Kudus akan kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya.

Kali ini menampilkan pertunjukan musik, puisi, dan diskusi dengan menghadirkan tema “Semangat Muda” di Auditorium Universitas Muria Kudus, Kampus Gondangmanis Bae Kudus, pada Senin, (31/7/2017) pukul 19.30 WIB.

Tema “ Semangat Muda “ melambangkan remaja yang memiliki sifat optimistis, kebijaksanaan dan semangat untuk mencapai kejayaan. Bertepatan dengan bulan kelahiran sosok penyair legendaris yakni Chairil Anwar, Fasbuk edisi bulan Juli 2017 ini mengangkat pertunjukan musik yang akan mengekplorasi karya sastra puisi menjadi sebuah komposisi musik.

Kisah sepak-terjang kepenyairan Chairil Anwar hadir dalam peristiwa-peristiwa penting. Chairil merespons kebhinekaan negeri ini lewat puisi-puisinya. Pada generasi masa kini, karya beliau menjadi pemicu semangat para kreator seni untuk berkarya. Seniman yang akan tampil pada edisi bulan Juli 2017 adalah Berteriak Lantank, salah satu kelompok musik yang sudah berdiri sejak tahun 2011.

Ketua Badan Pekerja Fasbuk Arfin Am mengatakan, banyak lagu dan aransemen musik yang sudah mereka ciptakan, namun pada edisi ini mereka akan menampilkan beberapa puisi Chairil Anwar yang digubah menjadi sebuah pertunjukan musik asyik.

“Selain pertunjukan akan ada diskusi bersama antara penampil dan pengunjung agar pohon kreativitas yang berupa sejumlah puisi dan esai-esainya itu sampai sekarang masih terus berbunga dan berbuah, kita mesti menelusuri ketiga hal yakni sikap hidup, gagasan, dan segala perbuatan dalam masa hidupnya yang pendek itu,” katanya.

Fasbuk adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara kontinue untuk mencipta inovasi serta varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal yang nantinya mampu menjadi aset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →