Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Produk Makanan dan Minuman dari Jagung di Grobogan Bakal Dipatenkan



Reporter:    /  @ 10:18:35  /  29 Juli 2017

    Print       Email

Inilah beragam produk olahan makanan dan minuman dari bahan jagung yang ditampilkan dalam lomba masakan khas Jawa Tengah yang dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah, akhir pekan lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Produk olahan makanan dan minuman dari bahan jagung di Grobogan rencananya bakal dipatenkan. Hal itu menyusul keberhasilan produk tersebut meraih  peringkat II dalam lomba masakan khas Jawa Tengah yang dilangsungkan di Taman Mini Indonesia Indah, akhir pekan lalu.

Kasi Destinasi Wisata Disporabudpar Grobogan Ruswandi menyatakan, dalam lomba tersebut, ada dua piala dan piagam yang didapat. Yakni, peringkat II untuk kategori kudapan berbahan jagung. Kemudian, peringkat II untuk kategori minuman berbahan jagung.

“Produk makanan dan minuman yang dilombakan harus terbuat dari bahan nonberas. Kita bikin produk dari bahan jagung yang jadi potensi pertanian andalan Grobogan,” jelasnya.

Meski hanya meraih peringkat II, namun produk dari bahan jagung itu dinilai sangat layak disajikan sebagai menu di hotel berbintang. Terkait dengan penilaian ini, pihaknya disarankan oleh panitia lomba untuk mematenkan produk tersebut.

“Ini merupakan peluang untuk memasarkan produk tersebut. Ke depan, upaya untuk mematenkan produk makanan dan minuman akan kita lakukan,” jelasnya.

Ruswandi menyatakan, tujuan utama lomba tersebut memang untuk mengangkat potensi pangan lokal. Seperti singkong, jagung, kedelai, kacang hijau dan hasil pertanian lainnya. Dari cipta menu tersebut diharapkan bisa mengurangi ketergantungan dengan bahan dari terigu.

“Potensi pangan lokal yang kita miliki di luar beras, sangat melimpah. Nah, potensi ini harus bisa dimanfaatkan untuk bahan pangan alternatif tetapi harus ada kreasi dan inovasinya,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →