Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemkab Jepara Seriusi Bidang Pariwisata untuk Genjot PAD



Reporter:    /  @ 18:44:47  /  28 Juli 2017

    Print       Email

Diskusi santai terkait pengembangan pariwisata seni antara Pemkab Jepara dan pelaku wisata  serta seni di Bumi Kartini. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sektor pariwisata akan serius digarap oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sebagai penggenjot pendapatan daerah. Tahun depan, pemkab berencana menggelontorkan anggaran besar-besaran di bidang tersebut. 

Hal itu disebutkan oleh Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kamis (2/7/2017). Menurutnya, sektor pariwisata merupakan salah satu bidang andalan bagi masyarakat pesisir utara laut Jawa itu. 

“Ketika sektor pariwisata digarap dengan serius, otomatis akan meningkatkan pendapatan dari pajak. Dengan sendirinya, akan meningkatkan pendapatan daerah. Tahun 2019 nanti, pemkab juga akan membebaskan bea retribusi ke objek pariwisata,” ucap dia. 

Untuk mewujudkan hal itu, berbagai langkah ditempuh. Selain memperbaiki infrastruktur menuju objek wisata, pihaknya juga meminta pemerintah desa untuk turut berperan serta. 

Hal itu bisa dilakukan dengan menyisihkan Dana Desa (DD) untuk ikut memperbaiki sarana jalan menuju tempat wisata. Hal itu tentu saja hanya berlaku bagi desa yang memiliki destinasi pariwisata. 

Di samping itu Pemkab Jepara juga terus berupaya membuka ruang terbuka hijau. Hal itu disampaikan oleh Zamroni Lestiaza Kabid Pariwisata Disparbud Jepara. Ia mengatakan, saat ini pihaknya tengah dalam usaha menata kembali ruang publik. 

“Hal itu sesuai dengan nawacita presiden, yakni mengembalikan budaya masyarakat yang guyub,” kata dia.

Editor : Kholistiono 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Produktivitas Pertanian di Pati Selatan Terganjal Lahan Tidur

Selengkapnya →