Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ratusan Kapal Cantrang di Rembang Kini Mulai Melaut



Reporter:    /  @ 18:23:20  /  28 Juli 2017

    Print       Email

Ratusan kapal yang beberapa waktu lalu bersandar di pelabuhan Rembang. Kini ratusan kapal cantrang sudah mulai melaut. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Sebanyak 171 kapal motor pencari ikan berjaring cantrang di Rembang kembali melaut. Hal itu dilakukan seiring perpanjangan lagi relaksasi larangan cantrang menjadi hingga akhir 2017.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Kabupaten Rembang Sukoco mengatakan, di wilayah Rembang saat ini suasana nelayan sudah kembali kondusif setelah larangan penggunaan cantrang diulur masa berlaku efektifnya selama enam bulan lagi hingga akhir 2017 mendatang.

“Kini sudah banyak nelayan cantrang kembali melakukan aktivitas melaut. Sementara itu, pemeritah juga sudah memperbolehkan nelayan menggunakan alat tangkap jenis cantrang, namun hanya sampai pada akhir 2017,” ujarnya.

Kemudian ia juga memastikan, 171 kapal yang kembali melaut itu sudah mengantongi surat izin penangkapan ikan atau SIPI.

“Kami juga sudah verifikasi jumlah kapal cantrang di Rembang, yang jumlahnya kini 280 kapal. Secara riil, dari 280 kapal cantrang itu, bobot matinya berkisar antara 10-80 gross ton,” katanya.

Kepala TPI “Cantrang” Tasikagung Tukimin mengatakan, pihaknya terakhir kali melelang ikan pada 1 Juli 2017. Sejak saat itu, tidak pernah ada aktivitas pelelangan ikan di TPI cantrang, sehingga raman nol rupiah.

“Kalau raman, sejak Januari sampai Juni 2017 hanya Rp 20,6 miliar. Terakhir ada lelang, tanggal 1 Juli 2017. Kalau ini nelayan cantrang sudah melaut lagi, kami jadi bisa berharap mencatat lagi raman pada bulan Agustus nanti,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Begini Penjelasan KH Anwar Zahid Terkait Pentingnya Bersyukur saat Bangun Tidur

Selengkapnya →