Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Hindari Perilaku Bullying, Orang Tua Harus Perhatikan Pola Pengasuhan Anak



Reporter:    /  @ 18:21:17  /  28 Juli 2017

    Print       Email

Ribuan anak anak mengikuti jalan sehat di Alun-alun Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Ribuan anak mengikuti kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Rembang di alun- alun, Jumat (28/7/2017). Setelah apel dengan amanat Bupati Rembang Abdul Hafidz, kegiatan dilanjutkan dengan jalan sehat.

Kedua peringatan tersebut mengambil tema “Dengan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan”.

Harapannya, yakni supaya dapat membuka nurani keluarga dan masyarakat Indonesia untuk lebih memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi masing- masing anggota keluarga, baik sebagai ayah, ibu ataupun sebagai anak dalam suasana komunikasi dan interaksi yang harmonis sehingga akan membuat ketahanan keluarga yang lebih baik.

Bupati mengatakan, untuk mewujudkan semua itu diperlukan budaya komunikasi yang baik. Komuniasi tersebut bisa antara keluarga ataupun di lingkungan masyarakat.

“Perlu budaya komunikasi yang lebih terbuka namun tetap santun dan beretika di antara anggota keluarga itu sendiri maupun antarkeluarga dengan masyarakat. Saya percaya, apabila keluarga – keluarga Indonesia tangguh, maka otomatis menjadi bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dua penghargaan yang diraih Kabupaten Rembang, yakni penghargaan daerah menuju Kabupaten Layak Anak tingkat Madya dan penghargaan upaya pencegahan perkawinan anak. Penghargaan tersebut membuatnya bangga dan semakin termotivasi untuk melindungi hak – hak anak di wilayah yang dipimpinnya.

Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebutkan, sedikitnya ada 23 ribu lebih kasus yang berkaitan dengan anak. Angka tersebut didominasi anak berhadapan dengan kasus hukum, termasuk kasus bullying.

“Berkaitan dengan bullying orang tua harus lebih memperhatikan pola pengasuhan anak. Anak harus didik dengan penuh kasih sayang, etika moral dan ditanamkan nilai- nilai agama sehingga tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →