Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Kantor KPU Grobogan Dilengkapi Rumah Pintar Pemilu, Ini Tujuannya



Reporter:    /  @ 22:36:57  /  27 Juli 2017

    Print       Email

Bupati Grobogan Sri Sumarni didampingi komisioner KPU Jati Purnomo melihat keberadaan RPP. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah rumah pintar pemilu (RPP) tersedia di kantor KPU Grobogan. Keberadaan RPP ini diresmikan Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kamis (27/7/2017).

Selain bupati, acara peresmian RPP juga dihadiri Ketua KPU Jateng Joko Purnomo dan komisioner KPU Grobogan. Hadir pula, komisioner KPU dari beberapa kabupaten tetangga, pejabat terkait, ormas, parpol dan pelajar.

RPP yang diberi label ‘Serambi Pemilu’ ini menempati ruangan yang sebelumnya dipakai untuk aula. RPP yang boleh diakses masyarakat luas ini berfungsi seperti sebuah perpustakaan.

Di dalam RPP berisikan berbagai informasi mengenai perjalanan Pemilu di Indonesia. Tidak hanya itu, sejumlah aturan perundang-undangan, hasil pemilu dan kliping pemberitaan juga tersedia dalam bentuk buku maupun digital.

“Tujuan RPP memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan Pemilu yang lalau maupun yang akan dilaksanakan mendatang. Di sini juga tersedia berbagai macam informasi dan ketentuan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu sampai kepada tata cara Pemilu.  Termasuk menganai Pemilukada dan pilpres,” kata Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif.

Dalam RPP juga dilengkapi tayangan video pelaksanaan perjalanan Pemilu yang ada di Indonesia dan Kabupaten Grobogan. Untuk menyimak video ini disediakan satu ruangan tersendiri di bagian belakang kantor KPU.

“RPP ini merupakan program KPU Pusat untuk media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat. RPP ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh datang kesini,” cetusnya.

Selain memberikan informasi, tujuan lain RPP adalah untuk mencerdaskan pengunjung agar tidak canggung ketika mengikuti tahapan Pemilu. Terutama kepada para pemilih pemula. Diharapkan, dengan adanya RPP ini akan berdampak dengan naiknya partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →