Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tokoh Pati Firman Soebagyo Ditetapkan sebagai Anggota DPR RI Terbaik 2017



Reporter:    /  @ 11:15:42  /  26 Juli 2017

    Print       Email

Anggota DPR RI Firman Soebagyo saat bertemu dengan konstituennya di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Tokoh asal Desa Kedalon, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Firman Soebagyo ditetapkan sebagai anggota DPR RI terbaik 2017 di urutan pertama bersama sembilan anggota DPR lainnya. Penetapan itu dilakukan lembaga independen Panggung Indonesia (PI), baru-baru ini.

Ada sejumlah kriteria yang menjadi syarat untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Salah satunya, anggota DPR tidak terlibat korupsi, tidak kontroversi, kehadiran rapat tinggi, dan aspiratif turun ke konstituen.

“Ada banyak pertimbangan sebagai bahan penilaian. Kami merasa perlu memberikan penghargaan kepada wakil rakyat yang berprestasi karena pengabdiannya kepada masyarakat Indonesia,” ujar CEO PI, Ichwanudin Siregar, Rabu (26/7/2017).

Saat dikonfirmasi, Firman mengaku terkejut dengan penghargaan tersebut. Sebab, sejak menjadi anggota DPR RI, ia hanya berpikir dan memperjuangkan nasib rakyat tanpa harus berharap pada penghargaan.

Meski begitu, dia mengucapkan terima kasih kepada lembaga yang memberinya penghargaan. Apresiasi tersebut menjadi pemacu semangat agar lebih baik memperjuangkan hak-hak rakyat.

“Doakan kami agar konsisten menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, tetap berada di jalur yang benar, peduli dengan nasib rakyat di tengah ancaman asing dari bidang pangan hingga industri teknologi informasi (TI),” kata Firman.

Menurutnya, berpolitik yang baik dan benar mesti mengedepankan asas rasionalitas, etika dan sopan santun. Di mata Firman, keberhasilan partai politik diukur dari perannya dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Asal tahu, Firman yang lahir di Pati, 2 April 1953 merupakan anak dari seorang petani dan pedagang palawija. Ia dibesarkan di lingkungan keluarga yang sederhana.

Tahu akan beban keluarga, Firman muda memutuskan untuk mengadu nasib ke luar daerah. Sejak itu, Firman pernah menjadi seorang pembantu hingga pedagang rokok. Semua dilakukan untuk membiayai sekolahnya.

Dia tidak pernah bermimpi menjadi seorang politisi, karena harapannya menjadi seorang hakim atau jaksa. Namun, ia sadar bila hidup hanya Tuhan yang menentukan.

Proses perjalanan hidup yang cukup berat itu membuat Firman tahu akan kondisi masyarakat bawah. Pada akhirnya, pengalaman hidup tersebut menjadi spirit untuk selalu dekat dan memperjuangkan nasib rakyat selama menjadi anggota DPR RI.

Selain Firman, sembilan wakil rakyat yang mendapatkan predikat anggota DPR terbaik 2017, di antaranya Lukman Edy, Taufik Kurniawan, Ahmad Basarah, Herman Kheron, Zulkieflimansyah, Martin Hutabarat, Nurdin Tampubolon, Reni Marlinawati, dan Jonny G Plate.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Produktivitas Pertanian di Pati Selatan Terganjal Lahan Tidur

Selengkapnya →