Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Baju Adat Kudus Terancam Punah, Ini Solusi Penanganannya



Reporter:    /  @ 18:00:54  /  25 Juli 2017

    Print       Email

Salah satu kegiatan yang memperlihatkan baju adat Kudus, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menuturkan jika baju adat kota setempat terancam punah. Selain akibat berkurangnya perajin baju adat Kudus, juga minat warga yang kurang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Yuli Kasianto mengatakan, jika saat ini baju adat Kudus mulai jarang ditemui.

“Ini mengkhawatirkan, tengok saja perajin tutup kepala adat Kudus yang kini hanya tinggal satu orang saja. Itupun, sudah sangat tua dan tak ada regenerasi lagi,” ujar Yuli mencontohkan, Selasa (25/7/2017).

Menurut Yuli, minimnya perajin baju adat karena minat warga yang rendah. Akhirnya baju adat pun tak laku. Imbasnya, perajin pun berhenti memproduksi.

Ditambah lagi, baju adat Kudus susah dalam perawatan. Termasuk juga, dalam perawatannya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pihaknya menyatakan butuh penanganan khusus agar baju adat Kudus tak lagi terancam punah. Di antaranya, penanaganan antara Dinas Pendidikan, dan Dinas Perindustrian.

“Siswa SMK bisa diajak membuatnya, minimal dengan memanfaatkan ekstrakurikuler. Kemudian Dinas Perindustrian bisa membantu mengadakan pelatihan pembuatan baju adat Kudus,” ucapnya.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →