Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Keren, Guru Multimedia SMKN 1 Purwodadi ini Raih Peringkat II Tingkat Nasional



Reporter:    /  @ 17:30:28  /  25 Juli 2017

    Print       Email

Guru multimedia SMKN 1 Purwodadi Vivi Nur Azizah berhasil menggapai juara II dalam lomba keahlian guru produktif (LKGP) tingkat nasional akhir pekan lalu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan –  Prestasi tingkat nasional diraih guru SMKN 1 Purwodadi, baru-baru ini. Guru multimedia Vivi Nur Azizah berhasil menduduki peringkat II dalam lomba keahlian guru produktif (LKGP) tingkat nasional akhir pekan lalu.

Pelaksanaan lomba yang diikuti guru SMK dari berbagai daerah dilangsungkan di kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Meski belum berhasil menjadi yang terbaik namun prestasi itu dinilai sudah membanggakan.

“Terus terang, saya tidak menyangka bisa dapat juara II. Soalnya, saingan dalam lomba ini cukup berat karena levelnya nasional,” ujar Vivi, Selasa (25/7/2017).

Menurutnya, LKGP tersebut sudah dilangsungkan dua kali. Tahun lalu, ia sempat ikut berpartisipasi. Namun, prestasi akhir hanya dapat urutan keenam.

Belajar dari pengalaman perdana, Vivi kembali ikut LKGP tahun 2017. Hasilnya, prestasinya naik bisa jadi peringkat II.

Untuk bisa mengikuti final LKGP tersebut butuh proses panjang. Sebab, peserta terlebih dulu harus menjalani tahapan seleksi online. Yakni, membuat perangkat pembelajaran berikut hasil video berdurasi 20 menit. Hasil pembuatan video disimpan dalam keping DVD dan diberi label yang sesuai dengan tema.

“Peserta yang ikut seleksi sekitar 330 an. Setelah diseleksi terpilih 50 finalis dari berbagai jurusan. Khusus jurusan multimedia terjaring 10 finalis,” ungkap guru asal Gemolong, Sragen yang sudah 6 tahun mengajar di SMKN 1 Purwodadi itu.

Lulusan Desain Komunikasi Visual UNS Surakarta itu menyatakan, semua peserta diwajibkan menjalani empat tahapan dalam final. Yakni, tes kognitif tertulis, tes kompetensi dengan praktik bikin video berdurasi 10 menit, paparan prestasi terbaik dan praktik mengajar.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Purwodadi Sukamto menyatakan, prestasi yang diraih salah satu gurunya tersebut memang di luar prediksi. Meski memintanya untuk berupaya keras, namun tidak ada target yang dibebankan dalam LKGP tersebut.

“Apa yang diraih ibu Vivi ini memang membanggakan. Semoga ini bisa melecut semangat guru lainnya untuk meraih prestasi,” katanya. (nap)

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →