Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ruas Jl Ki Mangun Sarkoro Tersendat, Ini Yang Dilakukan Dishub Jepara



Reporter:    /  @ 13:16:55  /  25 Juli 2017

    Print       Email

Ruas Jl. Ki Mangun Sarkoro, Kelurahan Panggang,Jepara selalu saja padat, terutama bila jam masuk dan pulang sekolah. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Ruas Jl. Ki Mangun Sarkoro, Kelurahan Panggang,Jepara selalu saja padat, terutama bila jam masuk dan pulang sekolah. Selain aktivitas antar jemput, di ruas tersebut pun terdapat perkantoran pemerintah dan beberapa tempat makan yang menjadikan sisi kanan kiri jalan dijadikan tempat parkir darurat. 

Hal itu tentu menimbulkan ketidaknyaman bagi pemakai jalan. Seperti yang dialami oleh Toto, ia mengaku kepadatan arus di ruas tersebut memang kerap terjadi. 

“Ya kalau jam segini (12.30 WIB) selalu padat, sehingga agak tersendat bila melalui arus ini,” tutur dia, Selasa (25/7/2017). 

Perlu diketahui, selain SDN Panggang 01, di sana juga terdapat kompleks perkantoran seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BPBD Jepara dan instansi lain yang bertugas melayani warga. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Soleh Sudarsono mengungkapkan, pada ruas tersebut memang kerap terjadi kepadatan ketika jam sekolah. Upaya pengendalian pun telah dilakukan, dengan memasang rambu peringatan. 

“Untuk rambu anak sekolah dan marka sudah kami pasang di sana. Di ruas tersebut, kami juga memberlakukan satu arah, untuk kendaraan dari perempatan rumah makan rengkot buyut, tak boleh ke barat,” ujarnya. 

Menanggapi masih banyaknya kendaraan yang nekat melewati jalur tersebut (dari timur ke barat) ia mengaku sudah berkoordinasi dengan polisi. Soleh menyebut sudah ada rapat koordinasi dengan pihak berwenang. 

“Kalau ada pelanggaran rambu, kami minta petugas kepolisian melakukan penindakan. Hal itu agar di masyarakat tercipta budaya tertib,” tambahnya. 

Menurut dia, bukan hanya ruas Jl Ki Mangun Sarkoro yang mendapatkan sorotan. Pada simpang Jl Sutomo dengan Jl Veteran dan Jl A.R. Hakim tepatnya di SD Kanisius Jepara, juga terjadi hal serupa. Guna mengatasi hal tersebut, pihak Dishub Jepara berncana memasang lampu lalulintas. 

“Pada perempatan Kanisius juga dalam taraf pemasangan lampu lalu lintas. Di sana juga saat jam sibuk agak tersendat, namun selepas itu kembali normal. Hal itu menjawab permintaan masyarakat, walaupun sebenarnya pada kondisi tertentu ya lengang-lengang saja disitu,” jelas Soleh.

Disinggung mengenai kemungkinan pemberlakuan jalan searah mengingat kepadatan lalu lintas, Soleh menjelaskan melihat kebutuhan yang ada. Di samping itu, pihaknya akan melihat masukan dari masyarakat. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →