Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Siswa SMK Telkom AKN Marzuqi Diajari Ilmu Nahwu Shorof



Reporter:    /  @ 10:52:49  /  25 Juli 2017

    Print       Email

Kiai Toha menajarkan ilmu nahwu shorof di kelas SMK Telkom AKN Marzuqi dengan mengenakan sarung, batik dan peci. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ada yang menarik dari kebiasaan akademik di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuki yang terletak di kawasan pesisir laut utara Jawa, Selempung, Dukuhseti, Pati.

Selain diajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jurusan masing-masing, semua siswa mendapatkan ilmu agama Islam. Salah satunya, ilmu tata bahasa Arab yang dikenal dengan nahwu shorof.

Uniknya, pelajaran nahwu shorof diampu seorang kiai dari Ngemplak, Margoyoso yang tetap mengenakan sarung di kelas. Dia adalah KH Ahmad Thoha Islamil, ketua yayasan yang ikut membidani lahirnya SMK Telkom AKN Marzuqi.

“Ilmu agama yang diajarkan di sini disebut takhasus.Siswa diajarkan bahasa Arab, tauhid, fikih, hafalan Juz Amma, Yasin, Tahlil sampai hafalan Alquran Juz 30 seperti madrasah pada umumnya,” ujar Kiai Thoha.

Dengan adanya pelajaran takhasus, murid akan mendapatkan dua rapor, yaitu rapor umum dan takhasus. Rapor umum berupa penilaian murid seperti sekolah menengah kejuruan (SMK) pada umumnya, sedangkan rapor takhasus berupa penilaian ilmu-ilmu agama yang diajarkan.

SMK Telkom AKN Marzuqi sendiri memiliki tiga jurusan, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Mereka disiapkan untuk bekerja di sejumlah perusahaan besar pascalulus.

Sofia Nafika, misalnya. Santriwati yang juga siswa SMK Telkom AKN Marzuqi itu jauh-jauh belajar dari Ujungwatu, Jepara. Selain ingin belajar agama, Sofia ingin ditempatkan di perusahaan ternama setelah lulus.

“Banyak tetangga yang setelah lulus dari sini langsung ditempatkan ke perusahaan besar. Saya ingin ikut jejak mereka. Alih-alih bisa nyantri untuk belajar agama di sini, saya berharap bisa langsung kerja setelah lulus,” tandas Sofia.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jepara Dapat Jatah Rehab RTLH Dari Pemprov Sebanyak 568 Unit

Selengkapnya →