Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Guru SDLB di Kudus Ikuti Pelatihan Media Pembelajaran Sains



   /  @ 18:37:13  /  20 Juli 2017

    Print       Email

Guru SDLB (Sekolah Dasar Luar Bisa) se-Kabupaten Kudus mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran sains berbasis karakteristik siswa berkebutuhan khusus . (UMK)

MuriaNewsCom, Kudus– Semua Guru SDLB (Sekolah Dasar Luar Bisa) se-Kabupaten Kudus mengikuti pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran sains berbasis karakteristik siswa berkebutuhan khusus, di gedung pertemuan guru di SDLB Purwosari Kudus, mulai Selasa-Kamis (18-20/7/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 guru dari tiga sekolah yaitu SDLB Cendono Dawe, SDLB Purwosari, dan SDLB Kaliwungu Kudus. “Kegiatan pertama guru SDLB diberikan materi pembelajaran sains yang cocok untuk anak berkebtuhan Khusus (ABK). Kemudian guru SDLB dilatih membuat media pembelajaran sains, dan ketiga pendampingan untuk mengaplikasikan media pembelajaran sains berbasis saintifik sesuai kurikulum 2013,” kaata Nur Fajri, selaku ketua tim pelatihan dan pendampingan dari Universitas Muria Kudus.

Media yang dibuat dalam pelatihan tersebut di antaranya ada pembuatan  media wayang kardus, pembuatan diorama, pembuatan media tiga dimensi, pembuatan puzzle, dan pembuatan media komunikasi dari barang bekas.

“Saya sangat antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan selain diberi materi, kita dilatih dan didampingi praktik langsung membuat media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus yang salama ini memang kurang dalam hal fasilitas media pembelajaran,” ujar Wahyu Purwanto guru SDLB Cendono Dawe.

Anak berkebutuhan khusus dari SDLB di Kabupaten Kudus dengan ganggungan seperti tunarungu, tunanetra, tunagrahita, tunalaras, tunaganda, dan tunadaksa perlu diberi perhatian lebih dan keterampilan oleh guru agar mereka kelak memiliki skill, kreativitas, dan keterampilan untuk bekal di masyarakat.

Sehingga guru SDLB pun perlu pelatihan dan memiliki keterampilan yang baik agar anak didiknya juga semakin terampil.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Asyiknya Nge-Jazz Sambil Berkubang Lumpur

Selengkapnya →