Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

5 Desa di Kudus Belum Cairkan Dana Desa 



Reporter:    /  @ 17:30:37  /  20 Juli 2017

    Print       Email

Warga melintas di Desa Kedungdowo, Kaliwungu, Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. Desa ini menjadi salah satu yang belum mencairkan dana desa. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKD) Kudus,Eko Djumartono mengatakan, ada lima desa yang belum mencairkan dana desa.

“Dari 123 desa, hanya lima desa yang belum sama sekali mencairkan dana desa. Kelimanya adalah Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu, Desa Langgardalem dan Kauman di Kecamatan Kota, Desa Tumpang Krasak Kecamatan Jati dan Desa Panjang Kecamatan Bae,” kata Eko kepada MuriaNewsCom di Kudus, Kamis (20/7/2017).

Jumlah dana desa bervariasi, dengan kisaran Rp 400 juta hingga Rp 500 juta.  Pihaknya tak tahu alasan kelima desa belum mencairkan dana desa. Karena, dia hanya bertugas untuk mencairkan saja, dengan persyaratan yang sudah terpenuhi tentunya.

Menurut dia,  pencairan dana desa dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap awal dicairkan 60 persen, sedangkan sisanya diberikan pada tahap kedua. Tahap dua dijadwalkan pada semester berikutnya. Seperti Desa Kedungdowo mendapatkan dana desa Rp 923,9 juta. Sekitar 60 persen dari dana desa tersebut dicairkan pada tahap awal.

Sementara, Camat Kaliwungu M Fitriyanto mengatakan, di Kaliwungu hanya satu desa yang belum mencairkan dana desa,  yaitu Kedungdowo. Alasannya, saat ini jabatan kades di Kedungdowo masih belum ada. Dampaknya, dana desa belum bisa dicairkan.

“Ini sedang proses penggantian kades. Tanpa tanda tangan kades, maka dana desa belum bisa dicairkan. Makanya sampai kini dana desa belum cair,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →