Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perhutani KPH Purwodadi Buka Kesempatan Pihak Ketiga Kelola Potensi Wisata



Reporter:    /  @ 16:05:18  /  20 Juli 2017

    Print       Email

Administratur KPH Purwodadi Dewanto dan staf terkait melangsungkan rapat pengembangan wisata di wilayah hutan bersama pengelola dan calon pengelola potensi wisata. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Meski berada di kawasan hutan, namun pengelolaan potensi wisata yang dimiliki Perum Perhutani KPH Purwodadi bisa dikelola pihak ketiga. Khususnya, dari pihak desa yang berdekatan dengan potensi wisata tersebut.

Administratur KPH Purwodadi Dewanto menyatakan, sejauh ini sudah ada dua potensi wisata alam yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Seperti objek wisata bukit cinta di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan. Kemudian, obyek wisata air terjun Widuri di Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo.

Saat ini, ada pihak yang mengajukan untuk jadi pengelola Wisata Arga Wana Tirta yang lokasinya berada di dua wilayah. Yakni, Desa Beketel, Kayen, Pati dan Desa Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan.

“Kita baru saja mengadakan rapat pengembangan wisata di wilayah KPH Purwodadi bersama pengelola dan calon pengelola potensi wisata,” jelas Dewanto, Kamis (20/7/2017).

Dijelaskan, pengembangan wisata di kawasan hutan saat ini memang menjadi salah satu target untuk menambah pendapatan dari sektor nonkayu. Dalam pengembangan ini, Perhutani membuka kesempatan pada pihak ketiga untuk jadi pengelola.

Namun, untuk bisa jadi pengelola tentunya ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi dan disepakati bersama. Seperti, penanggung jawab, rencana pengelolaan dan master plan pengembangan jangka panjang.

“Potensi wisata yang ada di kawasan hutan KPH Purwodadi ini cukup banyak. Untuk bisa jadi pengelola nantinya ada hak dan kewajiban yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama,” imbuhnya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

2 Perwira Polres Grobogan Berganti Wajah, Ini Sosoknya

Selengkapnya →