MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tanda Datangnya Musim Kemarau Terlihat di Jalan Utama Kota Purwodadi Grobogan

298
Jalan aspal tampak menguning akibat dari dedaunan yang gugur di Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Selain berkurangnya curah hujan dan teriknya cuaca, ada tanda alam yang terlihat di kota Purwodadi terkait masuknya musim kemarau. Yakni, rontoknya bunga pohon angsana.

Banyaknya bunga dari pohon peneduh itu menyebabkan kondisi sejumlah ruas jalan utama di Kota Purwodadi terlihat beda dari biasanya. Sebab, aspal jalan yang biasanya berwarna hitam berubah jadi kuning. Warna kuning ini berasal dari bunga yang berguguran dan menutup aspal.

Seperti diketahui, sejumlah ruas jalan protokol di kawasan kota, memang ditanami banyak pohon angsana untuk penghijauan. Kondisi pohon saat ini tingginya sudah mencapai 10 meter.

Dari pantauan di lapangan, saat ini, hampir semua pohon angsana itu tengah mengeluarkan bunga. Saat ada angin berhembus, bunga bunga itu berguguran jatuh ke jalan dan trotoar. Bahkan, kendaraan yang yang parkir di pinggir jalan juga terkena rontokan bunga yang berjatuhan.

“Kondisi seperti ini, sudah rutin terjadi tiap tahun. Saat bunga berguguran, terlihat seperti salju turun. Dari cerita orang tua, kalau bunga angsana sudah berjatuhan biasanya sudah masuk kemarau. Jadi, fenomena itu merupakan tanda alam,” kata Warsito, salah satu pedagang kaki lima di kawasan alun-alun Purwodadi, Rabu (19/7/2017).

Rontoknya bunga angsana itu di satu sisi bikin repot petugas kebersihan. Sebab, setelah dibersihkan, tidak lama berselang, kondisi jalan kembali berubah kuning.

“Memang rontoknya bunga angsana itu bikin sibuk petugas kami yang di lapangan. Tetapi, hal itu sudah kita antisipasi. Soalnya, kondisi ini terjadi tiap tahun,” kata Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Grobogan Noer Rochman.

Editor : Akrom Hazami

 

 

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.