Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

TNI-Polri Gelar Simulasi Penanganan Bencana di Sungai Juwana



Reporter:    /  @ 17:07:05  /  19 Juli 2017

    Print       Email

Petugas gabungan melakukan simulasi penanggulangan bencana di kawasan Sungai Silugangga, Juwana, Rabu (19/7/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota TNI dan Polri menggelar simulasi penanganan bencana di sepanjang alur Sungai Silugangga, Juwana, Pati, Rabu (19/7/2017).

Simulasi penanggulangan bencana tersebut melibatkan pasukan gabungan dari Kodim 0718/Pati, pasukan pengendali massa (dalmas) Polres Pati, Satuan Polisi Air, Basarnas, BPBD dan BNPB. Salah satu bagian simulasi terpenting, di antaranya meminimalisasi korban bencana.

Pasi Ops Kodim 0718/Pati Kapten Inf Suryani mengatakan, simulasi penanggulangan bencana diperlukan kesiapsiagaan pananganan secara sistematis, terpadu dan terkoordinasi. Hal itu untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana.

“Tim SAR menjadi penggerak awal kejadian bencana. Mereka juga mendukung kegiatan penanggulangan bencana seperti bantuan teknis, manajemen, peralatan dan dukungan logistik. Analisa situasi di daerah bencana juga tugasnya,” kata Kapten Inf Suryani.

Sementara itu, Kapolsek Juwana AKP Sumarni menegaskan, simulasi menjadi upaya untuk meningkatkan kemampuan Tim SAR dalam menanggulangi bencana, terutama bencana kebakaran kapal dengan lokasi yang tidak bisa dijangkau kendaraan pemadam kebakaran.

Karena itu, pihaknya meminta kepada instansi terkait untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan tim. “Insiden kebakaran kemarin membuat kita berpikir keras untuk melakukan rekayasa supaya Tim SAR bisa menjangkau lokasi, meski tidak ada akses untuk mencapai lokasi kebakaran,” ucap AKP Sumarni.

Dia berharap, simulasi penanggulangan bencana dapat meningkatkan kemampuan Tim SAR bila sewaktu-waktu diterjunkan ke daerah bencana dengan lokasi yang sulit dijangkau sekalipun. Ada tujuh tim yang dibentuk dalam simulasi tersebut, yakni tim pemadam, tim SAR, tim pengamanan lokasi, tim pam jalur, tim evakuasi, tim lokalisir, dan tim pengamanan barang.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Wabup Pati Sidak di Dinas Pertanian, Ini Temuannya

Selengkapnya →