Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Nelayan Juwana Sepakati Konsensus Pascakebakaran



Reporter:    /  @ 13:27:54  /  18 Juli 2017

    Print       Email

Tokoh nelayan bersama petinggi Polres Pati dan Kodim 0718/Pati menyepakati konsensus bersama cegah kebakaran di kawasan Pelabuhan Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah tokoh nelayan di Juwana menyepakati konsensus bersama “cegah kebakaran” pascakebakaran yang meludeskan 12 kapal pada Sabtu (15/7/2017) lalu.

Konsensus itu disepakati dalam sebuah pertemuan bersama petinggi Polres Pati dan Kodim 0718/Pati. Mereka sepakat untuk mengantisipasi aktivitas yang berpotensi menyebabkan kebakaran kapal, seperti pengelasan, pengecatan, dan perbaikan mesin di kawasan tambat yang padat kapal.

“Konsensus dibuat untuk meminimalisasi terjadinya kebakaran massal saat satu kapal terbakar. Pengusaha dan anak buah kapal (ABK) yang melakukan perbaikan kapal harus ditempatkan di kawasan yang jauh dari kapal-kapal lainnya,” ujar Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, Selasa (18/7/2017).

Selain itu, para nelayan juga sepakat untuk ikut bersama-sama menjaga situasi yang kondusif di kawasan pelabuhan Juwana. Koordinasi dan komunikasi dengan pihak kepolisian dan TNI juga akan diintensifkan.

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo menambahkan, nelayan perlu menjalin sinergitas secara kontinyu dengan Tim SAR. Pelatihan tim penanggulangan bencana terpadu dan upaya untuk mendekatkan peralatan SAR ke lokasi pelabuhan juga dianggap darurat untuk mencegah kebakaran sedini mungkin.

“Pelabuhan Juwana sudah sering mengalami kebakaran kapal dalam waktu yang tidak lama. Penyebabnya sama, kelalaian pekerja dalam satu kapal yang mengakibatkan kapal lain ikut hangus terbakar. Maka, upaya pencegahan sangat darurat untuk dilakukan,” tutur Kompol Sundoyo.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 12 kapal motor yang ditambat di kawasan Pulau Seprapat, Juwana mengalami kebakaran dengan tiga korban luka bakar dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 39 miliar. Saat ini, Tim Terpadu Sat Reskrim Polres Pati, Dit Krimum Polda Jateng dan Tim Labfor Semarang tengah melakukan identifikasi terkait penyebab kebakaran.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Udang Marguensis Diklaim Lebih Tahan Penyakit

Selengkapnya →