Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

SD di Grobogan ini Justru Kelebihan Siswa Baru



Reporter:    /  @ 13:00:00  /  18 Juli 2017

    Print       Email

Siswa SDN 04 Tambirejo, Kecamatan Toroh sedang latihan menyanyi lagu perjuangan di ruang kelas. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Fenomena penerimaan siswa baru tingkat SD di Grobogan ternyata cukup menarik. Sebabnya, ada sekolah yang tidak dapat siswa baru pada tahun ajaran 2017/2018 ini. Seperti di SDN 03 Danyang, Kecamatan Purwodadi yang dalam dua tahun terakhir tidak ada siswa baru untuk kelas I.

Meski demikian, ternyata ada juga sekolahan yang justru kelebihan siswa baru. Salah satunya adalah SDN 04 Tambirejo, Kecamatan Toroh.

Kelebihan pendaftar pada sekolahan ini sudah terjadi tiap tahun. Untuk menyiasati supaya siswa tetap tertampung, masing-masing kelas dipecah jadi dua, dari kelas I sampai VI. Yakni, kelas A dan B.

Dengan kebijakan ini ada konsekuensi yang harus dilakukan. Untuk siswa kelas II terpaksa masuk pelajaran agak siang, setelah siswa kelas I pulang. Para siswa kelas II ini melakukan kegiatan belajar di ruang yang sebelumnya dipakai adik kelasnya.

“Kita memang kelebihan murid tetapi ruang belajarnya yang kurang. Tepaksa ada kegiatan belajar yang kita sif. Jumlah murid keseluruhan ada 309 orang,” jelas Kepala Sekolah SDN 04 Tambirejo Endang Sri Purwati saat menerima kunjungan anggota Komisi D DPRD Grobogan bersama Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat, Selasa (18/7/2018).

Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Toroh Djoko Suprijanto menyatakan, banyaknya siswa di SDN 04 Tambirejo itu disebabkan beberapa faktor. Antara lain, lokasi sekolahan berada di tengah dua dusun yang jumlah penduduknya cukup banyak. Selain itu, tidak ada SD lain yang berdiri di dekatnya sehingga sekolahan itu jadi pilihan warga sekitar untuk menyekolahkan anaknya.

“Jadi, faktor lokasi sekolahan saya rasa juga ada pengaruhnya dengan banyak atau sedikitnya jumlah pendaftar baru. Untuk lokasi yang terdapat banyak sekolah berdekatan, biasanya ada yang kekurangan siswa,” katanya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Mulai Beralih Fungsi, Anggota Dewan Soroti Penggunaan GOR Simpanglima Purwodadi

Selengkapnya →