Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Mobil Perpustakaan Keliling Sambangi Anak-anak di Kampung Nelayan Rembang



Reporter:    /  @ 19:19:22  /  17 Juli 2017

    Print       Email

Puluhan anak di Tasikagung Rembang tampak antusias membaca buku yang disediakan mobil perpustakaan keliling. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Sejumlah anak tampak asyik membaca buku di Taman Tasikagung, Kecamatan Rembang. Mereka sangat antusias ketika sebuah mobil perpustakaan keliling menyambangi tempat bermain mereka, pada sore hari.

Mobil perpustakaan tersebut merupakan milik dari Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI). Operator dari Perpustakaan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia Adib menjelaskan, bahwa kegiatan ini misinya untuk meningkatkan literasi atau daya baca anak-anak.

“Kita menjemput bola dengan cara mendatangi taman-taman bermain anak di Rembang dengan cara membawa mobil perpustakaan, seperti halnya di kampung nelayan ini. Kegiatan seperti ini sudah kami lakukan sejak dua tahun terakhir ini,” katanya.

Beberapa taman atau tempat bermain anak yang biasa disambangi oleh mobil perpustakaan, di antaranya di Desa Turusgede, Puri Mondoteko, Sumber Mukti, Taman Kamla dan Alun-alun Rembang pada saat car free day (CFD).

“Untuk taman atau tempat bermain itu biasanya sore hari. Namun untuk Minggu pagi kita terjun ke CFD,” ungkapnya.

Katanya, anak-anak juga tidak dipungut biaya apapun untuk membaca ataupun meminjam buku. Khusus untuk peminjaman buku, katanya, maksimal satu anak dua buku, dengan jangka waktu dua Minggu.

“Buku yang kami bawa di mobil perpustakaan ini, biasanya ada sekitar 400 jenis, mulai dari cerita anak maupun pengetahuan umum,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Eks Mucikari di Lokalisasi Dorokandang Diberikan Pendampingan

Selengkapnya →