Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Puluhan Warga Korea Bikin Heboh SMPN 4 Purwodadi Grobogan



Reporter:    /  @ 22:15:38  /  17 Juli 2017

    Print       Email

Relawan dari Korean Red Cross melakukan kegiatan sosial berupa perbaikan toilet di SMPN 4 Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebanyak 25 warga negara Korea yang sebagian besar perempuan berada di SMPN 4 Purwodadi, Senin (17/7/2017). Kedatangan warga Korea di sekolahan yang ada di Desa Kandangan, Kecamatan Purwodadi tersebut tak ayal sempat bikin heboh.

Puluhan warga Korea yang berada di sekolah tersebut bukan wisatawan. Tetapi, mereka adalah relawan dari Korean Red Cross yang akan melakukan kegiatan sosial berupa perbaikan toilet di sekolah tersebut. Dalam kegiatan ini, tim dari Korea bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Kepala Markas PMI Grobogan Djasman menyatakan, pada tahun 2017 ini pihaknya mendapat program pemberdayaan air bersih dan sanitasi atau secara internasional dikenal dengan istilahWater, Sanitation and Hygiene (WASH). Program WASH ini dilakukan berkat kerja sama antara PMI pusat dengan Palang Merah Korea, dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) serta Kyungnam and Gwangjoo Chunnan Chapter.

“Program WASH baru kali ini kita dapat. Program ini kita tempatkan di Desa Kandangan, Kecamatan Purwodadi dan SMPN 4 Purwodadi,” jelasnya.

Dijelaskan, program WASH tersebut menyangkut pemberdayaan air bersih, sanitasi, dan promosi kesehatan yang berbasis masyarakat. Dalam program tersebut akan dilakukan perbaikan atau pengadaan sarana air bersih. Antara lain, pembangunan sumur bor, pipanisasi, dan pompa air.

Selain itu, pengadaan sarana untuk mendung kebersihan juga akan disiapkan. Seperti sarana mencuci tangan di sekolah-sekolah, pembuatan drainase limbah, dan tempat sampah.

“Pada kurun 2017-2019, program ini menjangkau dua wilayah, yakni Grobogan dan Kota Semarang. Sebelumnya, selama dua tahun program tersebut sudah dilaksanakan di Banjarnegara dan Blora,” kata Djasman yang juga menjabat sebagai Pokja WASH kabupaten itu.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Rumah Mantan Bupati Pati Tasiman Dibobol Maling

Selengkapnya →