Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

2 Tahun Sepi Pendaftar Siswa Baru, SD di Grobogan ini Bakal Dimerger



Reporter:    /  @ 18:30:41  /  17 Juli 2017

    Print       Email

Sejumlah Siswa SDN 03 Danyang Purwodadi bermain-main di halaman saat jam istirahat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Satu sekolah dasar di wilayah kota Purwodadi, yakni SDN 03 Danyang, rencananya akan dimerger atau digabungkan dengan sekolah lain. Hal itu terjadi lantaran selama dua tahun terakhir, SD yang berada di dekat Sekolah Luar Biasa (SLB) Danyang itu sepi pendaftar pada tahun ajaran baru.

Informasi yang didapat menyebutkan, pada tahun ajaran 2016/2017 lalu hanya ada lima siswa yang mendaftar. Kemudian tahun ajaran 2017/2018 ini, pendaftarnya hanya ada dua siswa.

“Pendaftar tetap kita terima tetapi kita alihkan ke SD lain yang masih ada di Kelurahan Danyang sini. Selain SDN 03, dekat sini juga ada SDN 01 dan SDN 02,” jelas salah satu guru SDN 03 Danyang Dian Dwi Afrianto pada wartawan, Senin (17/7/2017).

Karena tidak ada pendaftar dalam dua tahun terakhir, kegiatan belajar mengajar di SDN 03 Danyang itu hanya berlangsung pada empat ruang kelas. Yakni, mulai kelas III sampai VI dengan jumlah siswa keseluruhan hanya ada 49 orang.

Dua ruangan untuk kelas I dan II kosong. Saat jam istirahat, dua ruangan itu dipakai siswa untuk bermain-main.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat saat dimintai komentarnya mengatakan, pada masa pendaftaran siswa baru kemarin, pihaknya sudah memantau perkembangan di SDN 03 Danyang. Hal itu dilakukan lantaran pada tahun lalu, pendaftarnya minim sehingga tidak memungkinkan dilaksanakan kegiatan pembelajaran.

“Kondisi ini sudah kita antisipasi. Kita wacanakan untuk merger dengan SDN 01 Danyang. Soal merger ini nanti kita akan persiapkan dulu dan dibahas lebih lanjut,” jelasnya.

Menurut Amin, tidak adanya siswa baru di SD tersebut, bukan berarti sekolah itu tidak lagi diminati. Tetapi, di dekatnya lokasinya terdapat banyak SD, sehingga muncul persaingan ketat dalam mendapatkan siswa baru.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

30 Lembaga Keuangan Mikro di Grobogan Diverifikasi OJK

Selengkapnya →