Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

UNIK, Kain Tenun Troso Jepara Terpanjang Pecahkan Rekor MURI



Reporter:    /  @ 19:36:39  /  15 Juli 2017

    Print       Email

Panitia acara membentangkan kain tenun bertajuk Nusantara. Pada kain sepanjang 217,4 meter itu, terdapat 20 motif yang dibuat oleh tujuh perajin selama tiga bulan. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kain Tenun Nusantara bikinan warga Desa Troso, Kecamatan Pecangaan-Jepara berhasil memecahkan rekor MURI. Lantaran kain yang memuat 20 motif itu mempunyai panjang 217,4 meter. Kain itu kini dipasang memanjang di sisi Jalan Baleg- Cemoro RT 3/5, Desa Troso hingga esok Minggu (16/7/2017).

Menurut Bukhori Baidah Ketua Pokdarwis desa setempat, pemasangan kain tersebut merupakan rangkaian dari acara Troso Festival 2017. “Acara ini bertujuan memromosikan kain tenun, supaya tenun ikat asal desa ini tetap eksis. Selain itu kami ingin menunjukan bahwa Troso merupakan destinasi wisata atraksi tenun,” katanya, seusai penyerahan piagam MURI, Sabtu (15/7/2017).

Menurutnya, kain yang kini dibentangkan merupakan hasil kerja keras tujuh perajin lokal. Memakan waktu tiga bulan, kain tenun itu memuat motif dari hampir seluruh nusantara.

Di samping itu, ia menyatakan pemecahan rekor tersebut mematahkan capaian kain tenun terpanjang sebelumnya. “Di Pontianak kalau tidak salah pernah membuat kain tenun yang panjangnya 161 meter,” tutur dia.

Dirinya bercerita, even tersebut sudah terselenggara tiga kali. Hanya di tahun sebelumnya agenda kegiatannya tidak semeriah sekarang. Selain pemecahan kain tenun terpanjang ada pula peragaan busana berbahan tenun, bazar, pentas seni, marching band dan karnaval tenun. 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Besaran UMK Grobogan Tahun 2018 Diusulkan Naik Rp 125 Ribu

Selengkapnya →