Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Makin Digemari,  Usaha Jualan Es Dawet Ireng Kian Prospek di Grobogan



Reporter:    /  @ 08:00:55  /  15 Juli 2017

    Print       Email

Penjual es dawet ireng saat melayani pembeli di Jalan R Suprapto Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Jualan dawet ireng punya prospek cukup bagus di Grobogan. Sebab, penggemar dawet ireng tidak sedikit. Selain itu, orang yang menjalankan usaha ini masih bisa dihitung dengan jari. Berbeda dengan penjual sejenis, seperti dawet ayu yang sudah menjamur.

Dawet ireng ini rasanya tidak beda jauh dengan dawet lainnya. Bedanya, cendol yang disajikan warnanya hitam atau dalam Bahasa Jawa disebut ireng. Kebanyakan, dawet lainnya cendolnya berwarna hijau atau merah. “Bahan pembuatan cendol ini sama dengan dawet lainnya. Bedanya cuma warnanya saja,” kata Arifin, salah seorang penjual dawet ireng yang mangkal di jalan R Suprapto Purwodadi.

Cendol atau butiran dawet bisa berwarna hitam karena dikasih pewarna alami. Yakni, dari abu hasil pembakaran jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan warna hitam. Air inilah yang kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Arifin berjualan dawet ireng sekitar dua tahun lalu. Awalnya, pembelinya masih sedikit karena belum familiar. Seiring perjalanan waktu, jumlah pelanggannya makin bertambah. “Awalnya, saya jualan keliling. Setelah banyak pelanggan, saya pilih mangkal di pinggir jalan supaya mudah dicari pelanggan,” jelasnya.

Salah seorang pelanggan dawet ireng, Susanti mengaku sudah kenal minuman ini ketika main ke Purworejo beberapa waktu lalu. Kabupaten ini memang menjadi tempat asal mula dawet ireng. “Saat minum dawet ireng pertama kali saya langsung suka. Makanya, ketika ada yang jualan di Purwodadi saya senang sekali. Harganya juga murah. Punya duit Rp 5 ribu sudah kenyang minum dawet,” katanya sambil tertawa.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →