Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ancam Pengguna Jalan, Pohon Peneduh di Grobogan Butuh Perhatian



Reporter:    /  @ 23:30:09  /  13 Juli 2017

    Print       Email

Salah satu pohon peneduh yang mati di pinggir jalan Gajah Mada di depan kantor PDAM Grobogan perlu ditangani biar tidak membahayakan pengguna jalan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Keberadaan pohon penduh pinggir jalan raya memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, jika pohon yang ada tidak dirawat secara rutin maka tidak menutup kemungkinan bakal berpotensi menyebabkan malapetaka di kemudian hari.

Terkait dengan kondisi itu, sejumlah pihak meminta agar dinas terkait mengontrol ulang kondisi pohon penghijauan di pinggiran jalan protokol kota Purwodadi. Hal itu perlu dilakukan mengingat ada beberapa pohon yang kondisinya sangat membahayakan pengguna jalan.

“Saya sempat melihat ada beberapa pohon yang kondisinya sudah mati. Salah satunya di depan kantor PDAM Purwodadi. Pohon-pohon yang kondisinya sudah kurang sehat sangat rentan roboh tertiup angin dan membahayakan pengguna jalan atau pejalan kaki,” kata Winarno, warga Simpanglima Purwodadi.

Dia menyatakan, beberapa waktu lalu ada peristiwa pohon tumbang yang menimpa pengendara motor. Yakni, di jalan A Yani Purwodadi dan jalan raya Purwodadi-Semarang.

“Kejadian ini hendaknya bisa dijadikan pelajaran berharga. Saya berharap agar peristiwa ini tidak terulang lagi,” jelasnya.

Bencana alam seperti pohon tumbang itu memang tidak bisa diduga datangnya. Tapi tindakan untuk mencegah pohon itu tumbang masih mungkin dilakukan. Caranya, dengan menebang pohon yang usianya kondisinya rusak akibat ulah manusia maupun akibat serangan penyakit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Subiyono saat dimintai komentarnya menyatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi pohon peneduh di kawasan kota. Dari hasil pengecekan memang didapati banyak pohon mati. Seperti di jalan Gajah Mada dan jalan A Yani.

“Pohon peneduh yang kondisinya membahayakan sudah kita data. Sebentar lagi akan kita tangani biar tidak membahayakan pengguna jalan,” jelasnya. 

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Nonton Karnaval, Bupati Grobogan Dibikin Kaget dengan Penampilan Kabag Pemdes

Selengkapnya →