Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Wabup Jepara Minta Warga dan Ormas Ikut Awasi Peredaran Narkoba



Reporter:    /  @ 21:00:32  /  13 Juli 2017

    Print       Email

Wakil Bupati  Jepara Andi Kristiandi. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi menilai wilayahnya sebagai areal strategis dalam hal perlintasan narkoba. Tak ayal, kabupaten yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa ini, juga rentan penyalahgunaan barang terlarang itu. 

“Jepara dimanfaatkan pengedar narkoba yang melintas di wilayah ini lalu melakukan transaksi di tempat lain,” ujarnya saat membuka Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional, Kamis (13/7/2017), di Pendapa Kabupaten Jepara.

Ia menyebut tingkat penyalahgunaan narkoba di Jepara cukup tinggi. Catatan Polres Jepara awal tahun 2017 hingga bulan ini sudah ada 14 kasus, dengan 16 tersangka, 12 pengedar dan empat pemakai. Sementara pada tahun lalu ada 26 kasus dengan 33 tersangka dan barang bukti sejumlah 41.028 gram shabu-shabu, 16.006 gram ekstasi dan 11.098 ganja. 

Oleh karenanya, Wabup Jepara mengimbau agar seluruh komponen masyarakat dan organisasi masyarakat atau ormas ikut serta membantu pemerintah memberantas peredaran narkoba. Andi menyebut, peran warga bisa dilakukan dengan memberikan informasi kepada aparat keamanan.

“Keberadaan warga ataupun organisasi masyarakat paling dekat dengan lingkungan, yang paling tahu apa yang terjadi di sekitar. Maka dari itu kita mengimbau supaya anggota ormas dapat memulai memperhatikan dari keluarganya sendiri, jika ada ciri penyalahgunaan narkoba supaya cepat melapor agar bisa ditindaklanjuti. Kemudian ormas berperan pula untuk dapat menyosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat hingga yang paling bawah,” tegas Andi. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Udang Marguensis Diklaim Lebih Tahan Penyakit

Selengkapnya →