Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Guru di Pati Dibekali Pembelajaran Kurikulum 2013



Reporter:    /  @ 15:29:54  /  13 Juli 2017

    Print       Email

Para guru berfoto bersama, seusai mengikuti pelatihan kurikulum 2013 di SDN Slungkep 02 Kayen. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Guru yang mengajar di sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Pati dibekali pembelajaran kurikulum 2013. Sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013, salah satunya di SDN Slungkep 02 Kayen.

Mereka mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 yang nantinya akan dijadikan sebagai bekal untuk mengajar kepada murid. Kegiatan tersebut dijadwalkan selesai pada Sabtu (15/7/2017) mendatang.

Supervisor dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Sugiarto mengapresiasi para guru di Kabupaten Pati yang menyambut pelatihan kurikulum 2013 dengan antusias. “Peserta di Pati sangat responsif, penyelenggaraanya sangat bagus,” ucap Sugiarto, Kamis (13/7/2017).

Sebelum melakukan transfer ilmu kepada murid, guru dibekali dengan metode pembelajaran yang menggantikan kurikulum 2006. Ada sejumlah aspek yang harus diajarkan guru kepada siswa.

Salah satunya, aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan (skill). Ada pula muatan literasi dan karakter bangsa.

Dalam kurikulum 2013, guru tidak sekadar menekankan pada aspek ilmu pengetahuan saja. Seorang guru harus memiliki kecakapan untuk mengajarkan keterampilan, sikap, dan perilaku.

Dengan begitu, peserta didik punya bekal dari berbagai aspek yang akan bermanfaat dalam kehidupan nyata. Hasilnya, sekolah bukan sebatas sebagai lembaga formalitas untuk mengajar, tetapi diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Moral menjadi aspek penilaian yang penting dalam kurikulum 2013. Bila seorang murid bersikap buruk, nilainya juga kurang. Sebab, ada empat aspek penilaian dalam kurikulum ini, yakni keterampilan, pengeahuan, sosial, dan spiritual,” kata Sugiarto.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati, Sarpan mengaku senang dengan kehadiran kurikulum 13 yang mulai dibekalkan kepada para guru di Kabupaten Pati. Pasalnya, tugas seorang guru bukan hanya mengajar, tetapi juga mendidik sehingga dituntut untuk profesional.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →