Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Belasan PNS Sumatera Barat Belajar Pembuatan Beras Analog ke Grobogan



Reporter:    /  @ 20:00:42  /  12 Juli 2017

    Print       Email

PNS dari Dinas Pangan Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat berkunjung ke Grobogan untuk belajar cara pembuatan Rasteja, Selasa (11/7/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Beras analog dari bahan ketela dan jagung (Rasteja) produksi UMKM di Grobogan ternyata sudah terkenal sampai luar Jawa. Indikasinya bisa dilihat dengan adanya kunjungan kerja PNS dari Dinas Pangan Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat ke Grobogan, Selasa (11/7/2017). Salah satu tujuannya adalah belajar cara pembuatan Rasteja.

Saat berada di Grobogan, tamu dari luar Jawa itu sempat singgah di rumah Ambarwati, warga Desa Klampok, Kecamatan Godong. Di tempat ini merupakan salah satu UMKM binaan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Grobogan yang membuat rasteja dan aneka produk makanan ringan.

“Kita merasa bangga dengan adanya kunjungan dari Dinas Pangan Pasiraman Barat. Berarti, produk UMKM kita sudah dikenal dan diminati banyak kalangan,” jelas Kepala DPK Grobogan Muhammad Hidayat.

Menurut Hidayat, selama ini pihaknya sudah melakukan pembinaan pada pelaku UMKM. Tujuannya, agar produk mereka bisa menembus pasar yang lebih luas.

Dalam pengembangan hasil pertanian muapun peternakan itu, Pemerintah Grobogan telah menjalin kerja sama dengan Badan Pengajian dan Penerapat Teknologi (BPPT). Wujudnya melalui pembuatan techno park  (TP).

Adanya TP di Grobogan dirasa sangat diperlukan. Dengan program ini membawa dampak positif. Sebab, pihak BPPT itu membantu penyediaan peralatan khususnya pasca produksi hingga pemasaran.

“Program ini sangat bagus sekali dan memang sangat kita butuhkan. Melalui program ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya petani dan pelaku UMKM,” imbuhnya.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

30 Lembaga Keuangan Mikro di Grobogan Diverifikasi OJK

Selengkapnya →