Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Puluhan SMP di Rembang Kekurangan Peserta Didik Baru



Reporter:    /  @ 22:18:35  /  12 Juli 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Rembang – Sebanyak 24 SMP negeri di Kabupaten Rembang kekurangan siswa baru di tahun pembelajaran 2017-2018 ini.

Dari data yang ada, sebanyak 24 SMP negeri yang kekurangan siswa itu tersebar di 14 kecamatan se- Kabupaten Rembang.

Adapun sekolah yang kekurangan siswa baru itu, di antaranya SMPN 1 Kaliori. Sekolah yang sejatinya dapat menampung siswa baru sebanyak 288 siswa, namun sampai saat ini baru ada 235 pendaftar atau kekuarangan 53 siswa.

Selanjutnya yakni SMPN 1 Sale. Dari kuota 192 siswa, baru ada 161 siswa atau kekurangan 31 siswa. Kemudian SMPN 1 Sluke, dari 180 kuota pendaftar, baru ada 132 siswa atau kekurangan 48 siswa.

“Tahun ini ada beberapa sekolah yang masih kekurangan siswa hingga batas akhir pelaksanaan PPDB,” kata Achmad Solchan, Kabid Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang.

Dia mengatakan, pihaknya mempersilakan sekolah yang akan mengajukan perpanjangan waktu pelaksanaan PPDB dengan mengirimkan surat kepada Dindikpora ditembuskan kepada kepala dinas.

Menurutnya, hingga saat ini total ada 5.107 siswa yang telah diterima di SMP negeri di Rembang. Pengajuan permohonan dari pihak sekolah yang mengalami kekurangan siswa juga sebagian telah diterima.”Saat ini tinggal menunggu persetujuan dari kepala dinas saja,” katanya.

Meski ada yang kekurangan, ternyata ada pula sekolah yang kelebihan pendaftar. Seperti halnya di SMPN 1 Rembang, SMPN 5 Rembang, SMPN 1 Kragan, SMPN 1 Sulang, SMPN 2 Rembang, SMPN 1 Lasem, dan SMPN 3 Rembang.

Yang paling menonjol di SMPN 1 Rembang. Dari daya tampung 320 siswa, ternya pendaftarnya sebanyak 401 orang. Kemudian SMPN 1 Kragan dari daya tampung 288 siswa, namun pendaftar mencapai 379 pendaftar.

“Tidak terpenuhinya kuota di beberapa sekolah bukan karena aturan dari Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017, tapi karena pendaftar banyak memilih di beberapa sekolah tertentu,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Pelamar Kerja Lulusan SD Warnai Persaingan Bursa Kerja dengan Sarjana

Selengkapnya →