Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Festival Mata Air di Bondo Jepara Akan Digelar Akhir Bulan Juli



Reporter:    /  @ 19:12:49  /  12 Juli 2017

    Print       Email

Ilustrasi (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebuah event bertajuk “Festival Mata Air” akan digelar di Telaga Sejuta Akar, Desa Bondo, Kecamatan Bangsri,Jepara, Sabtu-Minggu (29-30/7/2017). Acara yang digagas oleh Yayasan Kartini Indonesia itu bertujuan untuk mengembalikan kesadaran warga untuk dapat menjaga mata air baik itu embung, kedung maupun sungai yang dinilai telah turun debit maupun kelestariannya. 

“Saat ini banyak sekali mata air di pelosok desa yang debitnya sudah mulai berkurang. Hal itu karena tidak mendapatkan perhatian dari warga dan kurang terawat,” ujar Ketua panitia acara tersebut Hadi Priyanto, Rabu (12/7/2017).

Ia mengatakan, pada acara tersebut memakai konsep ekoreligi. Hadi mengatakan, dengan pendekatan itu, selain kepedulian lingkungan juga akan timbul kesadaran bahwa mata air merupakan berkah Tuhan. 

Dirinya menganggap kurangnya rasa syukur akan berkah Tuhan berupa mata air, acapkali menyebabkan manusia tak bersyukur. Akhirnya, berbagai mata air tersebut dibiarkan tak terawat. “Kemudian mata air dibiarkan mati, atau debit airnya menurun. Lantas, ia tak lagi bermanfaat bagi tanaman yang ada di sekitarnya. Maka perlu usaha bersama untuk menumbuhkan perhatian dan kecintaan masyarakat guna melestarikan sumber yang ada di daerahnya,” ucap dia. 

Hadi menjelaskan, acara tersebut terdiri atas Ritual Ruwatan Mata Air, sarasehan dengan tema Teologi Bumi; Antara Iman dan Pelestarian Alam, Diseminasi Informasi Pelestarian Mata Air Melalui Seni Tradisional, lomba menulis bagi pelajar SD dan  SLTP ,pembuatan demplot pemanfaatan pekarangan rumah, penanaman pohon penghijauan, pemutaran film, Pribumisasi Fashion Carnival, Panggung Sastra Alam Lestari,pentas musik dan penebaran bibit ikan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Besaran UMK Grobogan Tahun 2018 Diusulkan Naik Rp 125 Ribu

Selengkapnya →