Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Gagal Nyalon Polisi, Pemuda Pati Ini Justru jadi Miliarder



Reporter:    /  @ 21:08:48  /  12 Juli 2017

    Print       Email

Azis Sony Setiawan, miliarder muda asal Desa Karaban, Gabus, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pameo yang menyebut kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ternyata bukan isapan jempol belaka. Hal itu yang dialami Azis Sony Setiawan, pemuda asal Desa Karaban, Kecamatan Gabus, Pati.

Obsesinya menjadi polisi kandas, setelah gagal mengikuti seleksi sebanyak empat kali. Dia akhirnya memutuskan untuk mengambil studi hukum di Universitas Semarang (USM).

Siapa sangka, kegagalannya menjadi polisi justru berbuah manis. Sekarang, pemuda kelahiran 3 Desember 1990 ini justru sukses menjadi pengusaha muda dengan omzet mencapai Rp 1,8 miliar setiap bulannya.

Meski masih berusia 26 tahun dan lajang, dia mengelola usaha di bidang tekstil dengan 60 karyawan. Beragam produk yang dia jual, antara lain seprai, bantal, guling, kasur, korden, dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

“Sedih kalau mau ceritain masa lalu. Pengennya jadi polisi, tapi empat kali daftar gagal. Akhirnya saya menekuni usaha dari 2009, sambil kuliah di USM,” ucap Sony, Rabu (12/7/2017).

Menjadi bos di usia muda diakui cukup susah. Sebab, dia harus melakukan manajemen usaha, termasuk karyawan dengan baik.

Beberapa kali, Sony melakukan survei pasar ke berbagai daerah. Di Medan, misalnya. Dia mendapatkan tanah yang tepat untuk pemasaran produknya.

Dari survei yang mumpuni, Sony lantas membuka cabang untuk pemasaran produk-produknya. Alumni SMK Tunas Harapan Pati ini tidak membeberkan keuntungan bersih dari usahanya. Namun, omzet setiap bulannya bisa mendekati Rp 2 miliar.

Dia berharap, kisahnya bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Pati untuk tidak takut menjadi pengusaha. Bagi anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pati ini, kegagalan adalah hal biasa.

Kegagalan akan menjadi luar biasa jika seseorang tetap semangat merintis karier, meski banyak rintangan menghalangi. Dari keuletan dan kegigihan, seseorang akan mencapai titik kesuksesannya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →