Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemkab Jepara Terapkan Perpanjangan IMTA Berbasis Daring



Reporter:    /  @ 16:17:52  /  12 Juli 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara memangkas birokrasi perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA), dengan menerapkan sistem daring. Melalui Sistem Pelayanan Perpanjangan Izin Mempekerjakan Orang Asing (SIPP-IMTA), perusahaan yang mempekerjakan warga asing diharap tak kesulitan dalam mengurus administrasi tersebut. 

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinkopukmnakertrans) Jepara Dwi Riyanto mengatakan, sistem itu digagas karena selama ini ada keluhan dari perusahaan panjangnya pengurusan izin tersebut. Menurut perusahaan, sistem manual yang selama ini digunakan kurang efektif dan efisien. 

Ia juga mengatakan, beberapa tahun belakangan banyak perusahaan multinasional yang berdiri di Jepara. “Alasannya karena banyak perusahaan besar yang menanamkan investasinya di Jepara, semuanya merekrut tenaga asing. Sehingga kita perlu mempermudah perpanjangan IMTA,” tuturnya, Rabu (12/7/2017).

Dwi menyatakan, untuk mengakses layanan tersebut dapat mengunjungi laman imta.jeparakab.go.id. Berdasarkan catatannya, hingga tahun 2016 kemarin ada 292 tenaga kerja asing yang bekerja di Jepara. Dari ratusan pekerja tersebut, pemkab mendapatkan retribusi sebesar Rp 1,4 miliar. 

“Harapannya dengan aplikasi ini, selain memudahkan pengurusan administrasi, juga meningkatkan pemasukan (retribusi),” kata dia. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →