Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajaran PGSD UMK Pukau Penonton



   /  @ 20:00:54  /  11 Juli 2017

    Print       Email

Mahasiswa saat memainkan Tari Lenggok Nusantara di auditorium Universitas Muria Kudus, Selasa. (Dokumen UMK)

MuriaNewsCom, Kudus – Enam penari muncul dari samping panggung auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Selasa (11/7/2017).  Mereka mengenakan baju hijau dengan variasi atasan kuning keemasan.

Di dua pinggang penari ada variasi kain merah yang menjuntai. Bawahannya memakai jarik bermotif batik hijau kuning yang indah. Saat salah satu penari, Mila Arina, mulai menari Tari Lenggok Nusantara di depan panggung dengan lincah dan gesit, dua lampu spotlight pelangi  dari belakang menerangi panggung.

Itulah gambaran Tari Lenggok Nusantara yang dimainkan. Gerakannya sangat indah dan mempersona.  Diiringi alunan musik yang merdu dan rancak membuat tarian memukau di depan sekitar 300 penonton.

Acara merupakan bagian dari Pagelaran Seni dan Pameran Media Pembelajran PGSD FKIP UMK yang diikuti oleh semua mahasiswa PGSD semester 4 dengan tema ‘Express Your Culture and creation’.

Di antara acara adalah penampilan 18 grup tari yang berbeda dari hampir seluruh nusantara seperti penampilan tari Geyol Denok Semarang, Tari Galaksi Surya Majapahit, Tari Pendet Bali, dan sebagainya. Selain tari ada fashion show batik seni rupa,  dan ada 10 penampilan grup band mewakili seni musik. Ada juga pameran media pembelajaran dan juga donor darah kerja sama dengan KSR Kampus UMK.

“Kita latihan bareng sama teman-teman sebelum pentas sebanyak 5 kali. Seterusnya latihan sendiri sendiri untuk menghafal gerakan. Tari Lenggok Nusantara yang kami mainkan memadukan tarian rampak dan modern,” kata Mila, yang juga mahasiswi PGSD Kelas C semester 4 saat ditemui usai pentas. 

Kegiatan ini merupakan produk mata kuliah Pendidikan Seni dan Sumber Media semester empat. Mahasiswa boleh memilih bidang seni yaitu bisa seni rupa, seni tari musik. Kegiatan ini sudah diadakan kali keempat. Tujuan pementasan dan gelar karya ini secara khusus membekalai mahasiswa terampi. “Secara umum untuk melestarikan kebudayan dan seni daerah,” ungkap Nur Fajri,  selaku dosen mata kuliah seni Prodi PGSD FKIP UMK.

Kaprodi PGSD Ika oktavianti, mengaku sangat bersykur dan bangga kepada mahasiswa yang dengan sukarela latihan dan bekerja keras untuk menggelar acara ini. “Sampai semewah dan semegah ini. Acara yang sangat bermanfaat ini semoga bisa digelar lagi untuk tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Rektor UMK Dr Suparnyo mengapresiasi kegiatan yang merupakan wujud kreativitas mahasiswa yang mengandung banyak nilai karakter. Ada nilai kejujuran, kreativitas, kerja sama, kepedulian sosial, tanggung jawab, dan sebagainya. 

“Karya mahasiswa yang bagus bisa dikembangkan dan kalau ada yang menarik dan orisinil hasil karya mahasiswa bisa dipatenkan,” ujar Suparnyo.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

30 Lembaga Keuangan Mikro di Grobogan Diverifikasi OJK

Selengkapnya →