Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Dia Manfaat KIA 



Reporter:    /  @ 19:09:06  /  11 Juli 2017

    Print       Email

Blangko KIA yang rencananya akan digunakan di Jepara tahun ini. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kartu Identitas Anak (KIA) rencananya diterapkan di Kabupaten Jepara tahun ini, lalu apa guna kartu berwarna pink itu? 

Menurut Kabid  Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jepara Sulastri, hakikatnya KIA berfungsi sebagai tanda pengenal. Namun demikian, beberapa keuntungan akan menyertai penggunanya. 

Dalam rapat awal, Disdukcapil berencana menggandeng beberapa pihak swasta sebagai sponsor pada program KIA. Jika sesuai rencana, pemegang kartu akan mendapat diskon ketika mengunjugi tempat atau outlet yang telah bekerja sama. 

“Nantinya mereka pemegang KIA akan mendapat keuntungan berupa diskon atau program lain ketika mengunjungi outlet atau tempat yang telah bekerjasama dengan Disdukcapil,” katanya, Selasa (11/7/2017). 

Dengan memiliki KIA dalam urusan identitas anak tidak perlu direpotkan harus membawa Akta lahir atau Kartu Keluarga (KK). Cukup hanya satu kartu yang bisa disimpan di dompet. 

Adapun keuntungan lain yang bisa didapatkan di antaranya, sebagai persyratan mendaftar sekolah, membuka rekening tabungan, mendaftar BPJS, pembuatan dokumentasi keimigrasian, mencegah perdagangan anak, meningkatkan pendataan perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional WNI. Manfaat lain adalah untuk identifikasi jenazah dan klaim santunan kematian. 

KIA sendiri ditujukan kepada anak nonusia KTP, dari 0-5 tahun dan 5-17 tahun. 

Di Jepara, program KIA sendiri masih dalam tahapan persiapan. Saat ini telah disediakan 33.750 keping blangko. Pada tahap awal dua kecamatan akan menjadi pilot project yakni Jepara dan Tahunan. 

Pada awal program KIA di Jepara diperuntukan untuk anak usia pra sekolah (TK, KB, Tempat Penitipan Anak (TPA) dan PAUD). Untuk keperluan itu sebanyak 80 sekolah telah didata. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

30 Lembaga Keuangan Mikro di Grobogan Diverifikasi OJK

Selengkapnya →