Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tahun Ini Anak-anak di Jepara Akan Punya KIA



Reporter:    /  @ 14:14:14  /  11 Juli 2017

    Print       Email

Blangko KIA yang rencananya akan digunakan di Jepara tahun ini. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Tahun ini Kabupaten Jepara merencanakan penggunaan Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk tahap awal, telah disediakan sebanyak 33.750 keping blangko KIA. 

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jepara Sulastri mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah dalam tahap persiapan. Dirinya memaparkan, telah mengadakan rapat awal bersama Sekretaris Daerah Jepara dan pihak ketiga sebagai calon investor. 

“Pada bulan Mei lalu kami telah mengadakan rapat awal terkait rencana penggunaan KIA di Jepara,” ujarnya, Selasa (11/7/2017). 

Dirinya menyebut, landasan penerapan KIA adalah Permendagri 2/2016. Di samping itu, dengan penggunaan KIA administrasi kependudukan sipil untuk anak usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun lebih ringkas. 

Ia mencontohkan, untuk pengurusan BPJS Kesehatan, ataupun pembelian tiket yang mensyaratkan kartu identitas. “Untuk mempermudah masyarakat terutama bagi anak-anak untuk identitas diri. Contohnya sekarang kalau bikin paspor kalau anak kan harus membawa akte kelahiran atau Kartu Keluarga (KK), memang bisa namun kurang praktis. Jika dengan KIA bentuknya lebih ringkas karena lebih kecil seperti KTP,” jelas Sulastri. 

Pada tahap awal, penggunaan KIA akan difokuskan untuk anak usia pra sekolah (TK, Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak dan Satuan PAUD sejenis) di Kecamatan Jepara dan Kecamatan Tahunan. Total ada 80 tempat yang telah didata untuk program berbiaya APBD Jepara itu. 

“Kita akan fokus pada tempat tersebut terlebih dahulu, sebab ketersediaan blangko KIA tidak sebanding dengan jumlah anak-anak,” tuturnya. 

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan  Susetiyo menambahkan, selain sebagai kartu identitas, KIA memiliki fungsi lain. “Dengan kerja sama yang kita jalin dengan pihak ketiga, nantinya pemegang kartu itu akan memiliki akses atau diskon pada outlet-outlet tertentu,” katanya.

Editor : Kholistiono 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →