Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Begini Cara Warga Sekitar Pantai Karang Jahe untuk Mengetahui Gelombang Laut



Reporter:    /  @ 14:07:49  /  11 Juli 2017

    Print       Email

Suasana di Pantai Karang Jahe Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Ada cara tersendiri bagi warga di sekitar Pantai Karang Jahe Rembang untuk mengetahui kondisi laut, khususnya mengenai gelombang tinggi.

Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui tersebut, biasanya mereka menaiki perahu ke tengah laut, dan sesampainya di tengah mereka akan melihat atau memandang ke arah puncak Gunung Ngargopuro Lasem.

Jika di atas puncak tersebut terdapat gumpalan awan hitam, maka hampir bisa dipastikan akan ada ombak atau pergerakan air laut, atau bisa dikatakan perubahan iklim.

Agus, salah seorang penyedia jasa permainan di Pantai Karang Jahe mengatakan, jika untuk melihat fenomena alam, rata-rata menggunakan cara tradisional tersebut.

“Salah satu yang kita yakini yakni dengan cara melihat pemandangan di atas Gunung Ngargopuro Lasem. Jika di atas gunung itu ada awan hitam pekat maka bisa dijadikan pedoman akan ada ombak atau pergerakan air,” katanya.

Selain cara tersebut, cara yang digunakan yakni ketika melaut dan tiba-tiba melihat ada ikan yang bergerak ke permukaan bahkan ada yang melompat ke permukaan seperti halnya lumba-lumba, maka hal tersebut diyakjni akan ada ombak datang. “Hanya saja ombak yang dimaksud tersebut bukanlah ombak besar. Namun ombak seperti umumnya atau pergerakan air biasa,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →