Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Kebut Perbaikan, Saluran Irigasi dari Bendung Sedadi Grobogan Ditutup



Reporter:    /  @ 19:15:06  /  8 Juli 2017

    Print       Email

Sejumlah pekerja sedang melakukan perbaikan saluran irigasi dari air Kedungombo Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pasokan air irigasi melalui Bendung Sedadi bagian kanan dan kiri untuk sementara dihentikan. Penutupan itu dilakukan seiring masih adanya proyek perbaikan saluran irigasi primer dari bendung tersebut.

“Saat ini pekerjaan masih terus dilakukan. Kami tidak bisa bekerja optimal kalau saluran masih ada airnya,” jelas Kartiko selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Irigasi dan Rawa III pada Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana.

Menurutnya, penutupan saluran dari Bendung Sedadi akan berlangsung tiga bulan. Terhitung mulai Juli sampai September. Keputusan penutupan sudah berdasarkan keputusan bersama dengan petani dan pemakai air.

 

Dijelaskan, proyek perbaikan saluran irigasi tersebut sudah mulai dikerjakan 23 Oktober 2015. Rencananya, proyek dengan dana APBN senilai Rp 111,6 miliar tersebut rampung pada akhir bulan November 2018.

Saat ini, progres pekerjaan sampai awal Juli lalu berkisar 17,8 persen. Ditargetkan, progres pekerjaan meningkat jadi 74 persen pada akhir September 2017. Sisa pekerjaan selanjutnya akan dituntaskan hingga November tahun depan.

Proyek Bendung Sedadi merupakan salah satu bagian dari rehabilitasi saluran irigasi Waduk Kedungombo. Selain Bendung Sedadi, perbaikan juga menyasar saluran di Bendung Sidorejo, Klambu Kanan dan Klambu Kiri.

Alokasi dana untuk mega proyek itu nilainya sangat besar. Yakni, Rp 1,6 triliun yang dikerjakan secara multi years dalam kurun waktu tiga tahun.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

30 Lembaga Keuangan Mikro di Grobogan Diverifikasi OJK

Selengkapnya →