Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

14 Jurnalis Ikuti Uji Kompetensi



Reporter:    /  @ 10:14:32  /  8 Juli 2017

    Print       Email

Sejumlah wartawan melakukan wawancara doorstop dengan Pemilik The Safin Hotel, Saiful Arifin dalam sebuah uji kompetensi yang diadakan PWI Jateng di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 14 jurnalis dari berbagai media massa mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah di Ruang Pragola Setda Kabupaten Pati, Sabtu (8/7/2017).

Uji kompetensi yang didukung Pemkab Pati dan The Safin Hotel tersebut diadakan selama dua sehari, sejak Jumat (8/7/2017). Mereka berasal dari media cetak, online, radio, dan televisi.

Dua orang penguji dihadirkan dari PWI Pusat, yakni Manajer UKW Uyun Achadiat dan Kabid Organisasi PWI Sasongko Tedjo. Dalam menguji wartawan, keduanya didampingi sejumlah pengurus PWI Jawa Tengah.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan, uji kompetensi wartawan sangat penting diadakan untuk menciptakan kehidupan pers yang sehat. Peserta yang ikut hanya yang memenuhi syarat, salah satunya media yang berbadan hukum.

“Peserta diuji dalam melakukan tugas jurnalistik. Salah satunya, wawancara jumpa pers, wawancara cegat, menulis berita, hingga menghubungi narasumber secara langsung. Wartawan yang lolos akan mendapatkan sertifikat dari PWI Pusat dan Dewan Pers,” kata Amir.

Menurutnya, pers yang sehat bisa diciptakan dari tiga aspek, mulai dari jurnalis, perusahaan pers, hingga organisasinya. UKW diharapkan menjadi bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalis dan organisasinya.

Sementara perusahaan pers akan dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers pada 2018. “Sesuai UU Nomor 40 Tahun 1999, perusahaan pers harus berbadan hukum yang bergerak di bidang media massa,” tukas Sasongko.

Bupati Pati Haryanto yang hadir bersama Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Suharyono dan Kabag Humas Rasiman menyambut antusias sertifikasi wartawan di Kabupaten Pati. Pasalnya, media massa dinilai dapat membantu meningkatkan pembangunan daerah yang lebih baik.

Sementara pemilik The Safin Hotel, Saiful Arifin dihadirkan sebagai narasumber bagi wartawan yang tengah mengikuti uji kompetensi. Wakil Bupati Pati terpilih ini ikut terlibat dalam sebuah konferensi pers dan wawancara doorstop.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Selengkapnya →