Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Sekali Melaut, Nelayan Rembang Butuh Modal Ratusan Juta



Reporter:    /  @ 13:04:31  /  6 Juli 2017

    Print       Email

Ratusan kapal masih berlabuh di pelabuhan Rembang. Para nelayan direncanakan berangkat melaut usai sedekah laut. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Para nelayan di Rembang saat ini masih belum melaut. Rencananya, mereka melaut usai sedekah laut digelar. Menjelang itu, kini mereka  mempersiapkan segala sesuatunya, baik mulai dari pengecekan mesin kapal hingga modal untuk melaut.

Mulyono, salah satu tukang mesin KM Sabar Narimo Sejati mengutarakan, untuk perbekalan melaut saat ini sudah siap. Hanya saja, rekannya sebagian masih ada yang mengadakan acara sedekah laut di masing- masing wilayah.

“Untuk modal melaut sendiri itu berbeda-beda. Tergantung besar kecilnya kapal. Ada yang mengeluarkan modal Rp 90 juta, bahkan ada yang lebih dari Rp 100 juta,” paparnya.

Katanya, modal tersebut digunakan untuk jangka waktu sekitar 1 bulan dan ada yang sampai 1 bulan lebih. “Kalau kapal sedang seperti ini, biasanya Rp 90 juta untuk satu bulan saja. Namun untuk kapal lainnya ada yang hingga satu bulan lebih,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, modal itu belum termasuk pemberian dari bos kapal. Katanya, uang itu biasanya dikumpulkan dengan sistem kolektif alias patungan. Setiap awak kapal punya kontribusi yang kurang lebih sama tergantung kesepakatan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kabid Humas Polda Jateng: Polisi Harus Melek Media Sosial

Selengkapnya →