Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Jalur Tangkap Ikan Penuh, Nelayan Jepara Minta Bantuan Alat



Reporter:    /  @ 10:37:57  /  5 Juli 2017

    Print       Email

Ilustrasi nelayan kapal di Jepara memasuki Pelabuhan Ujung Batu Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Jepara menilai wilayah tangkap nelayan tradisional telah penuh sesak. Saat ini jumlah nelayan yang menangkap di perairan 1-2 mil laut ada sekitar 3000. Alhasil mereka harus bersaing untuk mendapatkan ikan. 

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Penangkapan HSNI Paat Efendi. Ia menyebut, jalur tangkap tersebut tak hanya didominasi oleh nelayan dari Jepara. Nelayan dari Demak, Pati dan Rembang pun ikut mengadu nasib di wilayah tersebut. 

“Jalur tersebut menjadi sangat padat bagi nelayan yang mencari ikan. Tak ayal menimbulkan gesekan kecil, meskipun bisa diselesaikan dengan baik,” kata dia.

Dirinya berharap ada perhatian dari Pemkab Jepara, berupa bantuan alat-alat penangkap ikan. Hal itu karena, jika nelayan dengan kapal kecil berpindah ke jalur tangkap 3-4 mil dari bibir pantai, diperlukan alat yang lebih canggih karena kedalaman air laut. 

Menurutnya, peningkatan jalur tangkap akan mengurai kepadatan dan persaingan antar nelayan. Ia mengklaim, nelayan di wilayah Jepara siap untuk berpindah jalur asalkan peralatan yang dibutuhkan memadai. 

“Semakin ke tengah pasti lebih banyak ikan, sebab plankton sebagai makanan ikan kan adanya di tengah laut. Kalau nelayan saya kira sudah siap. Peningkatan jalur tangkap ke 3-4 mil laut akan kurangi kepadatan, dan masalah. Selanjutnya perlu peningkatan kemampuan dan fasilitas (dari pemerintah), jadi nggak mungkin nelayan beli sendiri tanpa bantuan, itu paling mendesak,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →