Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Warga Berebut Benih Cabai dan Pisang di Grobogan



Reporter:    /  @ 23:23:52  /  4 Juli 2017

    Print       Email

Warga tampak membawa benih tanaman dari stan Dinas Pertanian Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Dinas Pertanian Grobogan berpartisipasi dalam acara pembukaan TMMD Reguler ke-99 tahun 2017 di lapangan Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Selasa (4/7/2017). Yakni, dengan mendirikan beberapa stan khusus di lokasi kegiatan.

Masing-masing, stan brigade menyediakan alat mesin pertanian (alsintan) yang bisa dipinjam oleh petani melalui kelompok tani. Dalam stan dipajang beragam alsintan. Seperti traktor, mesin perontok padi dan jagung.

Satu stan lagi adalah brigade proteksi yang bertugas mengendalikan hama tanaman. Berbagai peralatan dan obat-obatan pengendali hama disiapkan dalam stan tersebut.

Kemudian, ada stan yang khusus memamerkan hasil produksi dari Rumah Kedelai Grobogan. Yakni, tempe dan tahu higienis serta susu kedelai.

Satu stan lagi berisi bibit pisang raja bulu dan cabai. Bibit ini disiapkan untuk dibagikan pada warga yang hadir dalam acara pembukaan TMMD. Begitu waktu pembagian dilakukan, warga saling berebut untuk mendapatkan bibit dua tanaman ini.

“Lumayan dapat benih cabai dan pisang. Ini, mau saya tanam di pekarangan depan rumah,” jelas Sutiyem, warga Karangsari.

Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto menyatakan, pihaknya memang sengaja ikut memeriahkan acara pembukaan TMMD dengan mendirikan stan khusus. Tujuannya untuk menyampaikan informasi seputar pertanian pada masyarakat.

Pihaknya juga membagikan bibit pisang raja bulu karena komoditas ini cukup potensial dan kualitasnya sangat bagus. Sementara pembagian bibit cabai dilakukan untuk menyukseskan program gerakan tanam cabai yang dicanangkan pemerintah. “Bibit pisang yang kita bagikan ada 200 batang. Sedangkan cabai ada 500 bibit,” jelasnya. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Selengkapnya →