Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Danlanal Semarang Pimpin Upacara Pemakaman Haryanto Secara Militer



Reporter:    /  @ 15:05:08  /  3 Juli 2017

    Print       Email

Upacara pemakaman pilot helikopter, di Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Prosesi pemakaman pilot helikopter Basarnas yang jatuh di Temanggung, Minggu (2/7/2017), Kapten Laut (P) Haryanto dilakukan secara militer, Senin (3/6/2017). Danlanal Semarang Kolonel Laut Harnoko Djodi Pamungkas bertindak selaku inspektur upacara pemakaman.

“Kami sangat kehilangan dengan kepergian salah satu perwira terbaik. Almarhum mendapat kenaikan pangkat menjadi Mayor Laut Anumerta,” ungkap Djodi pada wartawan.

Pemakaman dilangsungkan di Dusun Pelem Wulung, Desa Pulorejo, Kecamatan Purwodadi, Grobogan. Sejumlah pejabat hadir dalam acara pemakaman perwira menengan TNI AL berusia 32 tahun tersebut.

Tampak hadir, Bupati Grobogan Sri Sumarni berserta Sekda Moh Sumarsono dan sejumlah pejabat. Kapolres AKBP Satria Rizkiano, dan Dandim Letkol Jan Piter Gurning berikut sejumlah perwira tampak pula dalam kesempatan itu. Hadir pula, Komandan Wings Skuadron I Penerbal Surabaya Kolonel Laut M Tohir yang jadi atasan langsung Haryanto ketika berdinas di TNI AL.

“Saya cukup berduka dengan meninggalnya Haryanto saat menjalankan tugas. Saya kenal baik dengan Haryanto. Kebetulan, orang tuanya adalah sahabat saya,” ujar Bupati Sri Sumarni.

Jenazah Haryanto yang sudah dimasukkan dalam peti kayu tiba di kampung halamannya sekitar pukul 12.30 WIB. Begitu diturunkan dari ambulans, jenazah langsung dibawa ke musala yang ada di seberang rumah duka untuk disalati.

Setelah itu, jenazah baru dibawa ke rumah orang tuanya untuk disemayamkan dan menunggu prosesi pemakaman. Isak tangis keluarga dan tetangga terlihat saat peti kayu dimasukkan dalam rumah.

Usai disemayamkan, dilakukan penyerahan jenazah dari pihak keluarga pada TNI. Setelah itu prosesi pemakaman secara militer dilakukan. Jenazah Haryanto dimakamkan di pemakaman umum yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah duka.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kabid Humas Polda Jateng: Polisi Harus Melek Media Sosial

Selengkapnya →